nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemberhentian Status PNS Ustaz Abdul Somad Berlaku Bulan Depan

Banda Haruddin Tanjung, Jurnalis · Rabu 20 November 2019 10:52 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 20 337 2132105 pemberhentian-status-pns-ustaz-abdul-somad-berlaku-bulan-depan-0hz4pZYZIt.jpg Ustaz Abdul Somad. (Foto: Istimewa)

PEKANBARU - Kementerian Agama (Kemenag) mengatakan bahwa Ustaz Abdul Somad (UAS) diberhentikan secara hormat dari jabatannya sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS). Pihak UIN Suska Riau yang mempunyai otoritas pemberhentian sependapat dengan Kemenag.

Kepala Biro Administrasi Umum, Perencanaan, Keuangan dan Kepegawaian, UIN Suska Riau, Ahmad Supardi mengatakan bahwa bulan depan UAS sudah tercatat tidak lagi berstatus PNS dan dosen.

"Terhitung 1 Desember 2019, UAS tidak lagi menjadi dosen PNS pada UIN Suska Riau," kata Ahmad Supardi Rabu (20/11/2019) kepada Okezone.

Dia mengatakan, UIN Suska diberi kewenangan penuh untuk menjawab surat pengunduran diri dai kondang itu. Dalam jawabannya, Kememag menyatakan UAS diberhentikan dengan hormat dari PNS.

Ustaz Abdul Somad.

"Kemenag RI sudah memberikan jawaban kepada kita bahwa urusan ini diserahkan kepada Rektor UIN Suska Riau. Sebab, kewenangannya ada pada rektor, di mana dosen yang golongannya III/d dengan pangkat lektor, menjadi kewenangan rektor, untuk menyetujui dan atau menolak pemberhentiannya," ucapnya.

Baca juga: Ustadz Abdul Somad Diberhentikan dengan Hormat dari UIN Suska Riau

Dia menggatakan, setelah menerima surat jawaban dari Kemanag, Rektor UIN Suska bersama unsur pimpinan telah melakukan rapat mendalam untuk memberhentikan UAS atau tidak.

"Hasil rapat disepakati untuk menerima dan mengabulkan permohonan pengunduran diri UAS sebagai dosen PNS UIN Suska Riau. Penerimaan pengunduran diri itu terhitung mulai tanggal 1 Desember 2019,” ucapnya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini