nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kebakaran SMK Yadika 6, DPR Minta Sektor Keamanan Sekolah Dievaluasi

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Selasa 19 November 2019 21:48 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 19 337 2131971 kebakaran-smk-yadika-6-dpr-minta-sektor-keamanan-sekolah-dievaluasi-cKRF0CVIss.jpg DPR RI (Foto: Okezone)

JAKARTA - Komisi X DPR RI Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI mengevaluasi keamanan, pencegahan, dan penanggulangan bencana di sekolah. Hal itu menyusul jatuhnya banyak korban siswa dalam kebakaran di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Yadika 6 Bekasi.

“Simulasi untuk antisipasi bencana mestinya jadi program rutin bagaimana sekolah menghadapi kejadian tidak diinginkan sewaktu-waktu,” kata Wakil Ketua komisi X DPR RI, Abdul Fikri Faqih melalui keterangannya tertulisnya, Jakarta, Selasa (19/11/2019).

Selain itu, Fikri juga meminta evaluasi atas fasilitas keamanan gedung sekolah, khususnya yang dibangun lebih dari 1 lantai. “Musibah di SMK Yadika 6 ini harus jadi pelajaran dan mencegah kejadian serupa terulang di sekolah lainnya,” tutur politisi PKS ini.

Baca Juga: 14 Guru-Siswa SMK Yadika 6 Jadi Korban Kebakaran, Ada yang Lompat dari Lantai 3 

Fikri menyayangkan sistem keamanan gedung di SMK Yadika 6 yang tidak sesuai standar. Tidak terdapat tangga darurat di gedung 4 lantai tersebut. Selain itu, satu-satunya tangga terletak di ujung koridor berukuran sempit, menyebabkan antrian siswa dan guru tidak tertampung saat hendak menyelamatkan diri.

 SMK Yadika 6 kebakaran

Petugas pemadam pun menyatakan sekolah tersebut tidak memiliki alat pemadam kebakaran yang memadai, maupun hidran, sehingga menyulitkan petugas memadamkan api. “Semoga jadi perhatian pihak terkait, terutama bidang sarpras kemendikbud dalam membangun sekolah yang layak,” ujarnya.

Fikri menyatakan, bencana sifatnya tidak bisa diduga dan diharapkan, pemerintah maupun stakeholder terkait bertanggung jawab untuk mengedukasi masyarakat dalam mengantisipasi dan melakukan mitigasi bencana ke depannya.

“Bukan hanya kebakaan, Indonesia sudah maklum dikenal sebagai negeri bencana, seperti gempa, gunung api, sampai tsunami, sudah seharusnya kita budayakan sadar bencana dalam keseharian anak-anak kita,” tuturnya.

Baca Juga: SMK 6 Yadika Kebakaran Lagi, Diduga Akibat Sisa Api dari Tumpukan Buku

Seperti diketahui, SMK Yadika 6 Pondok Gede, Bekasi terbakar hebat ketika kegiatan belajar mengajar berlangsung Senin sore. Api diduga berasal dari korsleting listrik di laboratorium komputer di lantai 1.

Ratusan siswa dan guru yang tengah berada di dalamnya dibuat panik. Mereka berebut turun dari lantai atas untuk menyelamatkan diri. Nahasnya, 14 siswa nekat meloncat dari lantai atas karena panik disebabkan pekatnya asap.

Akibatnya, seluruh korban dilarikan ke rumah sakit karena beragam sebab, mulai patah tulang tangan dan kaki, patah punggung, sesak napas, hingga luka bakar. Api berhasil dipadamkan setelah 6 jam dengan mengerahkan lebih dari 100 pemadam. Seluruh lantai dan fasilitas sekolah hangus dan menyisakan hanya lantai 4 gedung tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini