nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Komisi II DPR Berencana Bentuk Panja ASN Awasi Seleksi CPNS

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Senin 18 November 2019 17:14 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 18 337 2131360 komisi-ii-dpr-berencana-bentuk-panja-asn-awasi-seleksi-cpns-Pw8Wqrv3eg.jpg Ilustrasi seleksi CPNS> (Foto: Setkab)

JAKARTA - Ketua Komisi II DPR RI, Ahmad Doli Kurnia mengatakan pihaknya berencana membentuk panitia kerja (panja) guna mengawasi pelaksanaan seleksi calon pegawai negeri sipil negara (CPNS).

Selain diharapkan bisa mengawasi pelaksanaan seleksi CPNS, namun juga mencari jalan dalam menyelesaikan persoalan tenaga-tenaga eks honorer di lingkungan instansi pemerintah.

“Tadi ada usulan juga dari anggota untuk kita mau mendorong dibentuk panja berkaitan ini. Mungkin judulnya Panja ASN ya, yang fungsinya mengawasi jalannya penerimaan seleksi CPNS, dan menyelesaikan masalah tenaga-tenaga eks honorer itu,” ungkap Doli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (18/11/2019).

Doli mengatakan pembentukan Panja ASN ini sangat dibutuhkan dalam rangka memenuhi tugas dan fungsi DPR dalam bidang pengawasan.

"Saya kira (Panja ASN) urgent, karena ini masalah enggak selesai-selesai," ucapnya.

Infografis Okezone.

Politikus Golkar ini menyebut saat ini masih banyak permasalahan yang berkaitan dengan aparatur negara dan birokrasi di Indonesia. Seperti, tenaga honorer yang masih banyak bekerja di instansi pemerintah, namun pemerintah malah membuka kembali seleksi CPNS.

"Ini agak kontradiktif, di satu sisi tenaga honorer banyak, tapi dibuka juga CPNS," kata dia.

Doli menargetkan Panja ASN ini akan dibentuk setelah DPR memasuki masa reses. “Mungkin nanti habis reses gitu. Kita punya rencana membentuk beberapa panja di internal komisi II,” ucapnya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini