nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Survei Sebut Golkar Lebih Baik saat Dipimpin Airlangga

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Senin 18 November 2019 16:57 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 18 337 2131351 survei-sebut-golkar-lebih-baik-saat-dipimpin-airlangga-Uaab8einm5.jpg Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto. (Foto : Okezone.com/Harits Tryan Akhmad)

JAKARTA – Hasil survei menyebutkan kepemimpinan Airlangga Hartarto di Partai Golkar disebut lebih baik dibandingkan periode sebelumnya.

Menurut Peneliti Sinergi Data Indonesia (SDI) Barkah Patimahu, Airlangga memiliki prestasi saat memimpin partai pohon beringin tersebut.

“Perspektif saya dalam menilai Airlangga Hartarto ini mengacu kepada data. Sebetulnya kader-kader Golkar pun bisa menilai secara kasatmata prestasi dari Airlangga Hartarto saat ini,” ujar Barkah kepada wartawan, Senin (18/11/2019).

Ia mengatakan, sejak menjabat ketum pada 2017, Menteri Perindustrian tersebut mampu melakukan konsolidasi internal. “Artinya selama dua tahun ini tidak ada gejolak di Golkar yang mempengaruhi angka elektoral partai secara signifikan,” kata Barkah.

Ia menilai, di tengah terpaan isu korupsi beberapa kadernya, Golkar mampu terkonsolidasi dengan baik dan meyakinkan para pemilihnya.

Selain itu, menurutnya, Airlangga berhasil meyakinkan para pemilih di tengah kasus korupsi yang menjerat para kadernya. Ini terbukti dari perolehan suara pada Pemilu 2019.

HUT Golkar. (Foto : Okezone.com/Harits Tryan Akhmad)

“Terbukti perolehan kursi Golkar di DPR pun menjadi yang terbanyak kedua. Ini dua prestasi Airlangga, konsolidasi berjalan baik dan eletoralnya juga baik,” ucapnya.

Selain itu, menurutnya, adanya empat kader Golkar yang menduduki kursi menteri dan satu kursi wakil menteri di Kabinet Indonesia Maju merupakan prestasi. “Kader-kader Golkar mampu dan punya kapasitas. Inilah prestasi yang sangat baik Golkar di bawah Pak Airlangga,” tutur Barkah.

Sementara itu, dalam hasil survei yang dilakukan pihaknya, Airlangga memiliki tingkat kepercayaan cukup tinggi dari para kadernya. Dalam survei SDI yang mengambil sampel para pemilih di Munas Golkar, responden menyatakan kepemimpinan Airlangga lebih baik dari periode sebelumnya.

“Nah dari survei itu sebanyak 70 persen menyatakan Golkar lebih baik, walau cuma dua tahun. Kemudian 24,06 menyatakan sama saja, dan menyatakan kurang hanya sekitar 4,38 persen, sementara yang tidak tahu 1,56 persen,” tutur Barkah.


Baca Juga : Survei: Ridwan Hisjam Berpotensi Dobrak Dominasi Airlangga-Bamsoet di Munas Golkar

Hasil survei juga menyebutkan 86,88 responden merasa Airlangga berhasil. “Itu berdasar prestasi di atas tadi, termasuk prestasi Airlangga menempatkan Bambang Soesatyo sebagai Ketua MPR,” kata Barkah.


Baca Juga : Bamsoet Klaim Dapat Dukungan dari 367 DPD untuk Jadi Ketum Golkar

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini