nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hindari Desa Siluman, Mendagri Minta Kepala Daerah Lakukan Verifikasi Ulang

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Senin 18 November 2019 16:40 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 18 337 2131341 hindari-desa-siluman-mendagri-minta-kepala-daerah-lakukan-verifikasi-ulang-xfdCAaTRv0.jpg Mendagri, Tito Karnavian. (Foto: Puspen Kemendagri)

JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengungkapkan pihaknya bakal segera mengeluarkan surat edaran kepada semua kepala daerah untuk memverifikasi ulang desa-desa yang ada di wilayahnya.

Hal ini merespons dugaan adanya desa siluman di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, yang ternyata hanya tidak optimal pengelolaanya karena cacat hukum. “Kami akan mengeluarkan surat edaran, tadi kami sudah rapatkan kita akan membuat surat edaran kepada semua kepala daerah untuk melakukan verifikasi desa masing-masing,” kata Tito di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (18/11/2019).

Dilanjutkan Tito, surat edaran tersebut mengimbau agar kepala daerah untuk melakukan pengecekan. “Misalnya tidak ada (desa) atau tidak lengkap agar dikembalikan. Tapi kalau enggak dikembalikan maka kita akan melakukan penegakan hukum,” ujarnya.

Dia juga meminta agar setiap kementerian tak membuat pernyataan sendiri-sendiri, tanpa koordinasi dengan kementerian terkait.

Tito Karnavian.

“Saya kira jangan setiap intansi yang membuat pernyataan sendiri yang beda-beda maka saya minta untuk koordinasi ke Kemenkeu (Kementrian Keuangan), khususnya Dirjen Anggaran, kemudian Kemendes (Kementrian Desa) yang turun ke lapangan. Kemudian ke KPK dan juga yang menangani ke lapangan aspek hukumnya apa namanya Polda,” ucapnya.

“Prinsipnya saya minta untuk semua daerah melakukan verifikasi data desa masing-masing dan menyampaikan kepada kemendagri kalo ada informasi kami akan turun ke lapangan untuk verifikasi lapangan bila diperlukan,” ucapnya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini