nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PKB Sebut Hampir Semua Partai Dukung Gibran Maju di Pilwalkot Solo

Minggu 17 November 2019 19:29 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 17 337 2130891 pkb-sebut-hampir-semua-partai-dukung-gibran-maju-di-pilwalkot-solo-GQJqPlSaMX.jpg

JAKARTA - Pencalonan Gibran Rakabuming Raka pada Pemilihan Wali Kota (Pilwakot) Solo 2020 sepertinya bakal berjalan mulus. Bagaimana tidak, hampir semua partai politik (parpol) disebut-sebut mendukung pencalonan putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu.

Wakil Ketua Umum (Waketum) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid mengungkapkan hal tersebut di sela-sela cara Press Gathering MPR bersama wartawan yang digelar di Seminyak, Bali, Sabtu, 16 November 2019. "Kelihatannya sudah semua (parpol) dukung deh," katanya seperti dikutip iNews.id.

Saat disinggung soal PDI-Perjuangan belum memberikan rekomendasi kepada Gibran, Jazilul meyakini Gibran mampu meyakinkan sejumlah parpol untuk bisa menembus syarat pencalonan yakni mendapat dukungan minimal 20 persen.

Gibran

"Melihat dari komposisi yang ada saya pikir mampu lah Mas Gibran untuk meyakinkan 20 persen partai-partai yang ada di Solo," ujarnya.

Jazilul mengungkapkan, PKB kemungkinan besar akan mendukung Gibran dalam pencalonan tersebut. Menurut dia, Gibran merupakan sosok anak muda yang dinilai memiliki kompetensi untuk memimpin Kota Solo.

Dia menampik dukungan tersebut lantaran sosok Gibran yang merupakan putra Presiden Jokowi. "Bukan, bukan karena anak presiden. Tapi mengapresiasi anak-anak muda masuk di politik. Kan milenial ini kan banyak yang alegri sama politik. Nah, ini biar dikasih contoh sama Mas Gibran," tuturnya.

Baca Juga: PKS Akui Ada Peluang Usung Gibran di Pilwalkot Solo

Kendati demikian, Jazilul mengakui, hingga saat ini PKB belum menjalin komunikasi secara formal dengan Gibran. Namun, dia mengapresiasi perjuangan Gibran untuk maju dalam memperebutkan kursi orang nomor satu di Solo.

"Kalau secara formal belum. Tapi PKB hanya melihat dari jauh keseriusan Mas Gibran. Itu baru kita nilai serius karena belum pernah datang ke PKB kan. Ya, tapi PKB mengapresiasi karena Mas Gibran ini masih sosok yang muda, ingin berkarya, PKB dukung," katanya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini