nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ma'ruf Amin Minta Ceramah di Rumah Ibadah Hindari Narasi Permusuhan

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Minggu 17 November 2019 10:17 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 17 337 2130888 ma-ruf-amin-minta-ceramah-di-rumah-ibadah-hindari-narasi-permusuhan-UwUbMOdZxm.jpg Wapres KH Maruf Amin (Foto : Okezone.com)

JAKARTA - Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin meminta semua pemuka agama untuk menghindari ceramah yang menggunakan narasi yang bisa menimbulkan konflik horizontal antarumat beragama.

Ma'ruf ingin para para pemuka agama membangun narasi-narasi ke rukunan dan menyudahi membangun narasi-narasi yang berpotensi membuat konflik dan perpecahan saat bercermah di rumah ibadahnya masing-masing.

"Karena itu narasi kita kalau khutbah di masjid, khutbah di gereja di dalam ceramah-ceramah, kita hindarkanlah narasi yang meninbulkan konflik dan permusuhan. Tetapi narasi yang membangun rasa saling mengenal, rasa saling mencintai, rasa saling menyayangi, rasa saling membantu, dan rasa saling menolong," kata Ma'ruf menghadiri acara jalan santai Interfaith Walk tahun 2019 di depan Sarinah, Jalam MH Thamrin, Jakarta, Minggu (17/11/2019).

KH Maruf Amin

Ma'ruf mengaku berbahagia dengan adanya acara Interfaith Walk yang bertujuan mengkampanyekan perdamaian, serta meningkatkan toleransi antar umat beragama. Menurut dia, upaya ini merupakan tindakan konkret guna menjaga kedamaian dan persatuan bangsa tersebut.

"Biayanya murah, tidak mahal, tetapi manfaatnya besar. Ini kan teori ekonomi begitu, dengan biaya semurah-murahnya menimbulkan keuntungan yang sebesar-besarnya," terang dia.

Ma'ruf ingin Interfaith Walk digelar di setiap provinsi di Indonesia. Alasannya, kata dia, supaya bisa menyatukan dan menjaga perdamaian antarumat beragama khususnya di Papua.

Baca Juga : Wapres Ma'ruf Amin : Tolak Nasari-Narasi Konflik yang Membawa Kerusuhan!

"Saya ingin ada upacara khusus, satu event khusus untuk di Papua, supaya menyatukan seluruh rakyat Papua dan membangun Papua yang damai. Saya harap kita melakukan upaya-upaya itu," imbuhnya.

Ma'ruf Amin kembali mengajak semua pemuka agama untuk membangun narasi persatuan bangsa kepada para pengikutnya. "Kita tinggalkan narasi-narasi konflik pada masa yang lalu," pungkas dia.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini