nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Komisi III Apresiasi Keberhasilan Kejagung Tangkap Buronan Korupsi Rp477 Miliar

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Minggu 17 November 2019 09:18 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 17 337 2130880 komisi-iii-apresiasi-keberhasilan-kejagung-tangkap-buronan-korupsi-rp477-miliar-xCZJHcfEsW.jpg (Foto: Ilustrasi)

JAKARTA - Kejaksaan Agung (Kejagung) mengeksekusi terpidana kasus korupsi, Kokos Jiang alias Kokos Leo Lim yang merupakan Dirut PT Tansri Madjid Energi (PT TME) dan barang bukti yang merugikan negara sebesar Rp447 miliar.

Terkait hal itu, Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Ahmad Sahroni mengapresiasi kinerja Kejagung yang telah berhasil menangkap terdakwa korupsi yang sudah merugikan negara.

“Saya mengapresiasi kinerja Kejaksaan Agung yang telah berhasil menangkap terdakwa korupsi yang merugikan negara sebanyak Rp477 miliar. Saya melihat bahwa ini adalah salah satu bentuk komitmen kuat kejaksaan agung dalam pemberantasan korupsi,” ungkap Sahroni kepada wartawan, Minggu (17/11/1019).

Baca juga: Kejagung Eksekusi Terpidana Kokos dan Uang Senilai Rp477 Miliar

Politikus partai NasDem itu menilai keberhasilan kejaksaan dalam menciduk Kokos diharapkan bisa menjadi contoh bagi lembaga lain di bidang pemberantasan korupsi, seperti KPK dan kepolisian agar dapat saling bekerjasama dalam melaksanakan tugasnya.

(Foto: Ilustrasi Shutterstock)

“Menurut saya, penangkapan ini merupakan contoh yang bagus untuk KPK dan kepolisian agar setiap lembaga bisa bekerja bersama-sama dalam memberantas korupsi dan menangkap buronan tindak pidana korupsi lainnya demi mengejar pengembalian dana ke kas negara,” ucapnya.

Baca juga: Kejaksaan Tangkap Buronan Korupsi Proyek Jalan Bonelohe-Labuhan Nipaiya Sulsel

Selain itu, Sahroni meyakini jika lembaga penegak hukum seperti KPK, Polri dan Kejaksaan saling bersinergi, maka usaha pemerintah dalam memberantas korupsi akan memberikan hasil yang lebih maksimal lagi.

“Karena pemberantasan korupsi itu pada dasarnya merupakan tanggung jawab kita bersama,” tutup Sahroni.

Kejagung mengeksekusi terpidana kasus korupsi Kokos Jiang alias Kokos Leo Lim, selaku Dirut PT Tansri Madjid Energi (PT TME) dan barang bukti berupa uang senilai Rp477.359.539.000.

Jaksa Agung ST Burhanuddin menjelaskan dana tersebut disetor ke kas negara berdasarkan putusan Mahkamah Agung nomor 3318K/Pid/Sus/2019 tertanggal 17 Oktober 2019, yang dalam amarnya menyatakan terdakwa Kokos Jiang telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama.

"Yang dijatuhkan pidana tambahan kepada terdakwa untuk membayar uang pengganti sebesar Rp477.359.539. Bahwa uang pengganti tersebut telah disetor ke kas negara oleh jaksa eksekutor melalui sistem informasi PNBP online atau SIMPONI Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan dengan kode billing 820191113923508. Itu yang kami lakukan hari ini," kata Burhanuddin di Kejagung, Jakarta Selatan, Jumat 15 November 2019.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini