nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

18 Orang Jadi Tersangka Bom Medan, 4 Terduga Teroris Ditangkap di Aceh

Wahyudi Aulia Siregar, Okezone · Minggu 17 November 2019 00:08 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 17 337 2130817 18-orang-jadi-tersangka-bom-medan-4-terduga-teroris-ditangkap-di-aceh-H3wSIgK2XF.jpg Ilustrasi Penangkapan Terduga Teroris (Foto: Okezone)

MEDAN – Polisi telah menetapkan status tersangka kepada sebanyak 18 orang terkait ledakan bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan pada Rabu 13 November 2019 lalu. Empat orang terduga teroris diamankan di Aceh.

Kapolda Sumatera Utara, Irjen Agus Andrianto menyebutkan, ke 18 orang yang telah ditetapkan sebagai tersangka itu, ditangkap berdasarkan hasil pengembangan penyelidikan yang dilakukan personel gabungan Detasemen Khusus 88 dalam beberapa hari terakhir.

Baca Juga: Dua Teroris Tewas dalam Baku Tembak dengan Densus 88 di Deli Serdang 

Bersama para tersangka, jelas Agus, ikut diamankan sejumlah barang bukti seperti senjata api, sentaja tajam, rangkaian bom dan beberapa bahan yang patut diduga akan digunakan sebagai bahan pembuat bom.

Ilustrasi (foto: Okezone) 

“Barang-barang itu kita amankan dari penggeledahan di salah satu lokasi di Sicanang, Belawan, Kota Medan,”ujar Agus, Sabtu (16/11/2019).

Selain 18 orang tersangka itu, Polisi terang Agus, juga menembak mati dua orang terduga pelaku teror yang terlibat jaringan terorisme tersebut. Mereka disinyalir sebagai pembuat bom yang digunakan dalam aksi bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan.

“Kedua orang yang kita tembak mati itu, pembuat bomnya,”sebut Agus.

Agus mengaku hingga saat ini pihaknya masih terus melakukan pengembangan penyelidikan atas jaringan teror tersebut. Penyelidikan kini bahkan tak hanya dilakukan di Sumatera Utara. Tapi juga meluas hingga ke wilayah Aceh.

Baca Juga: Kronologi Dua Teroris Tewas dalam Baku Tembak dengan Densus 88 di Deliserdang 

Sementara Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Mohammad Iqbal menerangkan, Tim Densus 88 Antiteror menangkap empat orang terduga teroris di Aceh. Satu di antaranya perempuan.

"Yang ditangkap di Aceh empat orang. Wilayah Aceh," kata Iqbal kepada wartawan.

Dia menjelaskan, keempat terduga teroris itu berinisial DA alias AK, N alias UD (perempuan), S, dan SP alias MA. "Total empat orang," tutur Iqbal.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini