nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hidupkan KKR, Istana: Jangan Hanya Fokus Penyelesaian Judicial, tapi Juga Nonjudicial

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Jum'at 15 November 2019 20:06 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 15 337 2130499 hidupkan-kkr-istana-jangan-hanya-fokus-penyelesaian-judicial-tapi-juga-nonjudicial-aTFIfzn8ZR.jpeg Presiden Jokowi (Foto: Ist)

JAKARTA - Pemerintah ingin menghidupkan kembali Komisi Kebenaran, dan Rekonsiliasi (KKR) untuk menyelesaikan berbagai kasus pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) masa lalu.

Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko mengatakan, rencana yang digagas Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD lantaran pemerintah ingin penyelesaian kasus HAM tidak dilakukan lewat penyelesaian judicial, namun juga nonjudicial.

"Kan pernah di judicial review kalau enggak salah ya, bisa itu, bisa dihidupkan lagi. Intinya bahwa atas berbagai yang dinamakan pelanggaran HAM. Kita jangan hanya fokus kepada penyelesaian judicial tapi juga ada alternatif penyelesaian nonjudicial," kata Moeldoko di Gedung Bina Graha, Jakarta, Jumat (15/11/2019).

Baca Juga:  Jokowi Resmikan Tol Trans-Sumatera di Lampung

Ilustrasi Foto: Ist

Moeldoko menerangkan, wacana KKR nantinya juga akan dibahas bersama Jaksa Agung ST Burhanuddin. Pasalnya, berbagai kasus pelanggaran HAM itu diketahui mangkrak di Korps Adhyaksa.

Mantan Panglima TNI itu menerangkan bahwa pemerintah juga tengah membahas wacana penghidupan kembali KKR tersebut lewat mekanisme judicial riview di Mahkamah Konstitusi (MK). "Penyelesaian nonjudicial ini kan perlu ada siapa yang menangani dan seterusnya. jadi bisa mungkin terjadi," ujarnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini