nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemprov DKI Siap Siaga Hadapi Banjir, Ini Sederet Antisipasinya

Fadel Prayoga, Jurnalis · Sabtu 16 November 2019 11:23 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 15 337 2130448 pemprov-dki-siap-siaga-hadapi-banjir-ini-sederet-antisipasinya-AThtczTHpn.jpg Ilustrasi (Foto: Dokumentasi Okezone)

JAKARTA - Tak lama lagi, Jakarta akan memasuki musim penghujan. Hal itu terlihat dalam beberapa hari terakhir ini, sebagian wilayah Ibu Kota mulai diguyur hujan dari mulai intensitas rendah hingga tinggi. Salah satu momok yang paling ditakuti masyarakat adalah meluapnya air dari beberapa kali yang akan menimbulkan banjir.

Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta, Juaini mengklaim bahwa pihaknya telah berupaya keras untuk mengurangi titik banjir yang akan merendam beberapa kawasan. Salah satunya melakukan pengerukan 17 sungai dan 5 waduk yang tersebar di lima wilayah kota administrasi.

"Tujuannya untuk menambah kapasitas tampungan air di kali dan waduk Jakarta," kata Juaini kepada Okezone, beberapa waktu lalu.

Lipsus Banjir Jakarta (Foto: Okezone)

Tak hanya itu, lanjut dia, pihaknya pun telah membangun 987 titik sumur resapan di 5 wilayah di Jakarta. Menurutnya, dengan berbagai upaya yang telah dilakukan pihaknya itu, ia meyakini jumlah titik banjir akan semakin berkurang.

Ia menambahkan, dalam antisipasi banjir, pihaknya juga mempersiapkan beberapa teknologi mutakhir. Di antaranya adalah pompa mobile sejumlah 133 unit dengan kapasitas 28,512 m3/dt, pompa stationer sejumlah 457 unit di 165 lokasi dengan kapasitas 489,01 m3/dt, pintu air 231 unit, excavator amphibi untuk pengerukan waduk. Ada juga combi jetting yang digunakan untuk penyedotan lumpur saluran drainase, di 21 lokasi, serta CCTV Online sejumlah 103 unit.

"Selain itu, sebanyak 7.889 personil pun dikerahkan, dengan dilengkapi alat berat 260 unit dan dump truck 461 unit," kata dia. (kha)

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini