nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Masuk Bursa Caketum PAN, Ini Reaksi Bima Arya

Putra Ramadhani Astyawan, Jurnalis · Jum'at 15 November 2019 16:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 15 337 2130339 masuk-bursa-caketum-pan-ini-reaksi-bima-arya-fAgB2MAP9l.jpg Bima Arya (Foto: Okezone)

BOGOR - Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto masuk sebagai salah satu dari empat nama dalam bursa calon ketua umum Partai Amanat Nasional (PAN) pada Kongres 2020 mendatang.

Menanggapi hal tersebut, sebagai kader partai Bima mengaku siap. Akan tetapi, ia masih mempelajari situasi internal partai belambang matahari putih itu.

"Kalau sebagai kader harus siaplah untuk memimpin partai. Tapi saya masih mempelajari, mendalami situasi internal PAN seperti apa, karena bagi saya bukan hal sederhana banyak yang harus ditimbang," kata Bima, kepada Okezone, Jumat (15/11/2019).

Ia mengatakan, dirinya juga masih akan melihat sejauh mana semangat yang ada dalam internal untuk menguatkan partai itu sendiri sebagai motor perubahan, partai reformasi dan partai intelektual.

"Saya uji dulu itu, saya pelajari dulu itu. Memang ada dorongan dari kawan-kawan (menjadi ketua umun) tapi saya mau mempejalari situasi dulu, saya mau membaca dulu suasana dalam PAN," ujar Bima.

Baca Juga: PAN Sebut Pertemuan Dengan NasDem Akan Bicara soal Pilkada 2020 

Wakil Ketua Umum DPP PAN itu pun menilai bahwa partainya sudah memliki segmen yang cukup kuat. Namun, hal tersebut belum dirasa cukup karena bagaimana juga PAN harus bisa meluaskan segmen pemilihnya.

"PAN sudah punya segemen yang cukup kuat yang tidak goyang. Tetapi tantangannya adalah bagaimana pan bisa meluaskan segmen pemilih, bisa masuk ke berbagai elemen dan kalangan dan yang paling penting harusnya semangat perubahan dan semangat reformasi yang diperlukan PAN saat ini. Sekarang saya mau baca dulu di antara struktur internal partai sejauh mana semangat itu ada," ujarnya.

 PAN

Jika semua hal sudah terbaca, tambah Bima, barulah dirinya menentukan langkah maupun sikap terkait namanya masuk ke dalam bursa calon ketua umum. "Kalau sudah, baru akan kemudian saya putuskan bagaimana langkahnya ke depan. Sejauh ini belum, masih memperlajari peta dulu," ujar Bima.

Untuk diketahui, DPP PAN akan segera memilih ketua umum baru di Kongres 2020. Dalam rapat harian DPP PAN, Ketum Zulkifli Hasan sempat melontarkan nama-nama yang masuk bursa calon ketua umum.

Keempat nama itu yakni, Ketua Fraksi PAN DPR periode 2014-2019 Mulfachri Harahap, Wali Kota Bogor Bima Arya, Ketua Fraksi PAN DPR Hanafi Rais, dan mantan Menteri PAN-RB Asman Abnur. Tetapi, tidak menutup kemungkinan ke depannya terdapat nama lain yang juga akan masuk ke dalam bursa calon ketua umum.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini