nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pimpinan KPK: Perppu Semakin Cepat Dikeluarkan, Lebih Bagus

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Jum'at 15 November 2019 15:45 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 15 337 2130324 pimpinan-kpk-perppu-semakin-cepat-dikeluarkan-lebih-bagus-1UE2UzROzJ.jpg Wakil Ketua KPK Saut Situmorang (Foto: Okezone)

JAKARTA - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang meminta agar Presiden Joko Widodo (Jokowi) segera mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) untuk membatalkan UU Nomor 19 Tahun 2019.

Hal itu diungkapkan Saut saat menerima sejumlah aktivis antikorupsi di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan. ‎Menurut Saut, kesimpulan pertemuan antara aktivis antikorupsi dengan KPK yakni untuk meminta Presiden Jokowi segera mengeluarkan Perppu.

"Jadi intinya bahwa kunjungan hari ini ada kurang lebih 15 tokoh yang konsisten terus membantu dan kesimpulan saya, bahwa kita bicara hari ini, Perppu diminta semakin cepat dikeluarkan, semakin bagus," kata Saut di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (15/11/2019).

Baca Juga: Pasca-Diberlakukan UU KPK Baru, Saut Situmorang: Kita Enggak Takut!

Saut menjelaskan, bahwa ada alternatif yang disiapkan selain menunggu keputusan Presiden Jokowi menerbitkan Perppu. Namun, Saut enggan membeberkan upaya lain yang akan ditempuh untuk membatalkan UU baru KPK.

"Di samping itu, kita ada alternatif lain, tapi kita belum sebutkan disini, jadi sekali lagi terima kasih," ujar Saut.

KPK

Hal senada juga diungkapkan mantan anggota Pansel KPK 2015, Betti Alisjahbana, yang ikut dalam pertemuan tersebut. Ditekankan Betti, pihaknya mendesak agar Presiden segera mengeluarkan Perppu.

Tak hanya itu, kata Betti, pihaknya juga berencana mengajukan judicial review ke Mahkamah Konstitusi (MK) terkait UU baru KPK yang dinilai melemahkan lembaga antirasuah.

‎"Kami mengupayakan agar Perppu KPK bisa keluar, kami juga merencanakan untuk mengajukan Judicial Review, jadi itu bentuk-bentuk dukungan kami agar KPK terus kuat," kata Betti.

Baca Juga: Kepercayaan Publik Turun, Wadah Pegawai Sebut Upaya Pelemahan KPK Dipercaya Masyarakat

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini