Kecelakaan Maut di Tol Cipali, Sopir Bus Jadi Tersangka

Mulyana, Okezone · Jum'at 15 November 2019 15:06 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 15 337 2130303 kecelakaan-maut-di-tol-cipali-sopir-bus-jadi-tersangka-QE3HtPshd1.JPG Kecelakaan bus di Tol Cipali, Subang, Jabar. (Foto : Okezone.com/Mulyana)

SUBANG – Sehari pascaterjadinya kecelakaan maut yang menewasakan tujuh orang di ruas Tol Cipali KM 117+800, Kabupaten Subang, Jabar, polisi menetapkan sopir Bus Sinar Jaya dengan nomor polisi B 7849 IS, Sanudin, sebagai tersangka. Akan tetapi, sampai saat ini sopir tersebut masih menjalani perawatan medis di RSUD Ciereng.

Kasat Lantas Polres Subang, AKP Bambang Sumitro, mengatakan, tindak lanjut penanganan kecelakaan yang terjadi pada Kamis (14/11) sekitar pukul 00.15 WIB, di ruas Tol Cipali KM 117+800 jalur, telah dilaksanakan gelar perkara. Gelar perkara dilakukan secara maraton kemarin.

"Dalam gelar perkara yang telah dilaksanakan itu, disepakati peserta gelar bahwa telah terpenuhi minimal dua alat bukti sebagai syarat penetapan tersangka," ujar Bambang, Jumat (15/11).

Selanjutnya, sopir Bus Sinar Jaya Sanudin status hukumnya telah dinaikan sebagai tersangka. Ia ditetapkan tersangka karena lalai sewaktu mengemudikan kendaraan. Akibat kelalaiannya, terjadi kecelakaan lalu lintas yang menyebabkan orang lain meninggal dunia, adanya korban luka berat, adanya korban luka ringan serta kerusakan kendaraan.

Ilustrasi (Shutterstock)

Tersangka telah melanggar Pasal 310 ayat (4), ayat (3) dan ayat ( 2) UU RI tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Selain itu, jajarannya akan berkoordinasi dengan RSUD Ciereng, terkait penindakan terhadap sopir tersebut.

"Sebab, sampai saat ini sopir masih dirawat," ujarnya.

Sebelumnya, pada Kamis (14/11) sekitar pukul 00.15 WIB, terjadi tabrakan yang melibatkan dua bus di ruas Tol Cipali KM 117+800. Kendaraan yang terlibat kecelakaan itu ialah Bus Sinar Jaya dengan nomor polisi B 7949 IS yang dikemudikan Sanudin dan Bus Arimbi bernomor polisi B 7168 CGA yang dikemudikan Rohman.


Baca Juga : 25 Korban Kecelakaan Tol Cipali Masih Dirawat di RSUD Ciereng

Akibat dari kecelakaan itu, tujuh penumpang meninggal dunia. Sementara 26 penumpang lainnya mengalami luka-luka. Hingga hari ini, pasien selamat yang masih dirawat di RSUD Ciereng sebanyak 11 orang, termasuk sopir Bus Sinar Jaya.


Baca Juga : Tewaskan 7 Orang, Polisi Duga Kecelakaan di Cipali Akibat Kelalaian Sopir

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini