nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kasus Kecelakaan di Jalan Tol: Tabrakan Dua Bus hingga Menabrak Polisi

Alifa Muthia Diningtyas, Jurnalis · Jum'at 15 November 2019 14:29 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 15 337 2130277 kasus-kecelakaan-di-jalan-tol-tabrakan-dua-bus-hingga-menabrak-polisi-6FQTxZ893K.jpg Ilustrasi kecelakaan di jalan tol. (Foto: Dok Shutterstock)

JAKARTA – Kecelakaan lalu lintas di jalan tol kembali terjadi. Kali ini di ruas Tol Cipali, Jawa Barat, pada Kamis 14 November 2019 sekira pukul 00.15 WIB. Kecelakaan ini melibatkan dua bus yang berlawanan arah.

Selain tabrakan maut dua bus tersebut, masih ada sejumlah kecelakaan lalu lintas di jalan tol. Berikut ini beberapa di antaranya, sebagaimana dirangkum Okezone, Jumat (15/11/2019).

1. Tabrakan dua bus di Tol Cipali

Kecelakaan ini berlangsung di ruas Kilometer 117+800 Jalur B Jalan Tol Cipali, tepatnya di Kecamatan Cibogo, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Kecelakaan melibatkan Bus Sinar Jaya berpelat nomor B-7949-IS dengan Bus Arimbi B-7168-CGA.

Akibat tabrakan dua bus tersebut, 7 penumpang meninggal dunia. Sementara 26 penumpang lainnya mengalami luka-luka.

Kecelakaan terjadi pada Kamis 14 November 2019, sekira pukul 00.15 WIB.

Kronologinya, Bus Sinar Jaya melaju dari arah Jakarta menuju Palimanan. Setibanya di lokasi kejadian, Bus Sinar Jaya oleng lalu menyeberang ke Jalur B yang berlawanan.

Dari arah Palimanan datang Bus Arimbi. Tabrakan kedua bus itu pun tidak terelakkan.

"Kuat dugaan sopir Bus Sinar Jaya mengantuk, sehingga tidak bisa mengantisipasi laju kendaraannya," ujar Kanit IX PJR Tol Cipali AKP Aziz Syarifudin.

Semua korban meninggal dunia dan luka-luka telah dievakuasi ke RSUD Ciereng Subang.

Korban luka mayoritas menderita di bagian tangan, kaki, dan kepala. Sedangkan tujuh korban meninggal sudah diserahkan ke pihak keluarga.

"Untuk bangkai kedua kendaraan, kita evakuasi ke pul derek Cilameri, Subang," ujar Aziz.

2. Kecelakaan di Tol Kayuagung

Kecelakaan lalu lintas terjadi di Kilometer 325 Jalan Tol Pematang Panggang Kayuagung–Palembang, Sepucuk Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, pada Senin 16 September 2019. Insiden ini melibatkan mobil Avanza dan Innova.

Kecelakaan tersebut membuat dua penumpang di dalam mobil Avanza berpelat nomor BG-1829-KF meninggal di tempat. Sedangkan pengemudi dan penumpang Innova BG-1212-XO berwarna hitam mengalami luka-luka.

Kecelakaan berawal ketika mobil Innova datang dari arah lampung menuju Palembang. Saat di tempat kejadian, Jalan Tol Palembang–Lampung ditutup, sehingga pengemudi memindahkan mobilnya ke jalur sebelah kiri.

Namun secara bersamaan dari arah berlawanan datang mobil Avanza yang langsung menghantam bagian kanan Innova. Avanza mengalami ringsek cukup parah di bagian depan, begitupun Innova, bahkan sampai menabrak pembatas tol.

3. Kecelakaan di Tol Nganjuk

Kecelakaan maut terjadi di Jalan Raya Nganjuk–Madiun, tepatnya di Desa Selorejo, Kecamatan Bagor, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, pada Selasa 10 September 2019. Peristiwa ini melibatkan Bus Mira yang menabrak minibus Innova silver hingga menyebabkan tiga orang meninggal.

Kecelakaan terjadi ketika Innova berpelat nomor AE-567-SC yang dikendarai Wisnu Kusuma, warga Cokromenggalan, Ponorogo, melaju dengan kecepatan tinggi dari Madiun menuju Nganjuk.

Saat akan menyalip sepeda motor, Innova tersebut mengambil lajur kanan jalan dengan kecepatan tinggi. Dari arah berlawanan melaju kencang Bus Mira S-7190-US jurusan Surabaya–Madiun yang dikemudikan Tri Sumaryanto, warga Magelang, Jawa Tengah. Tabrakan tidak terhindarkan hingga menyebabkan tiga orang tewas dan satu kritis.

Kasus kecelakaan ini ditangani petugas Satlantas Polres Nganjuk. Polisi langsung melakukan olah tempat kejadian perkara dan meminta keterangan saksi. Sedangkan seluruh korban tewas sudah dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Nganjuk.

Kerasnya tabrakan itu juga mengakibatkan Innova rusak parah hingga nyaris tidak berbentuk. Sedangkan Bus Mira hanya rusak di bagian depan sebelah kanan akibat benturan.

4. Kecelakaan di Tol Ciledug

Kecelakaan terjadi di Jalan Tol Ciledug arah Meruya. Kecelakaan tersebut melibatkan mobil patroli polisi.

Peristiwa ini terjadi pada Selasa 3 September 2019 sekira pukul 22.55 WIB. Saat itu Aiptu Imran Yasin bersama rekannya Brigadir Daniel sedang menilang mobil boks di tepi jalan.

Tiba-tiba dari arah timur lajur 3 sebuah truk berpelat nomor B-9527-QI yang melaju di bahu jalan hilang kendali sehingga menabrak pembatas jalan tol. Truk terus bergerak kemudian menghantam Aiptu Imran Yasin yang berdiri di dekat mobil patroli.

Korban kemudian dibawa ke Rumah Sakit Suryowinoto Veteran, Bintaro, Jakarta Selatan, namun tidak tertolong dan meninggal di sana.

Sementara Brigadir Daniel selamat dari kecelakaan tersebut. Dia hanya mengalami luka lecet di kaki.

Aiptu Imran Yasin pun mendapat kenaikan pangkat luar biasa. Keputusan itu tertuang dalam surat telegram Polri tertanggal 4 September 2019.

"Sesuai dengan STR Nomor 562 tanggal 4 September, almarhum diberikan kenaikan pangkat luar biasa, dinaikkan dari Aiptu menjadi Ipda," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya, Rabu 4 September 2019.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini