nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mahfud MD Sebut 8 Orang Ditangkap Terkait Bom Bunuh Diri di Medan

Fahreza Rizky, Jurnalis · Kamis 14 November 2019 15:16 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 14 337 2129808 mahfud-sebut-8-orang-ditangkap-terkait-bom-bunuh-diri-di-medan-14Q95TJ2fl.jpg Mahfud MD. (Foto : Okezone.com)

JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyebut aparat kepolisian sudah mengidentifikasi jaringan pelaku bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan. Sebanyak delapan orang telah ditangkap terkait peristiwa ini.

"Sudah. Sudah dapat laporan biar dijelaskan oleh Polri. Sudah ada yang ditangkap delapan," kata Mahfud di Gedung Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (14/11/2019).

Pelaku bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan mengenakan atribut ojek online. Ia disebut menyusup di tengah kerumunan pemohon surat keterangan catatan kepolisian (SKCK). Setelah berhasil masuk ke area Polrestabes, pelaku meledakkan diri.

Polisi berjaga di Mapolrestabes Medan pasca-ledakan bom bunuh diri (Foto : iNews.id/Stepanus Purba)Polisi berjaga di Mapolrestabes Medan pasca-ledakan bom bunuh diri (Foto : iNews.id/Stepanus Purba)

Enam orang dilaporkan mengalami luka-luka dalam peristiwa ini. Sementara pelaku berinisial RMN langsung tewas dengan kondisi mengenaskan. Polisi mengungkapkan pelaku menggunakan bom pinggang yang terdiri dari material pelat besi metal, paku, hingga irisan kabel.

Mahfud tidak menjelaskan lebih rinci ihwal penanganan lanjutan kasus ini. Ia mengatakan aparat kepolisian yang nanti menjelaskannya. Mahfud lalu berbicara upaya deradikalisasi pada sel-sel terorisme yang masih aktif. Menurut dia, proses ini bukanlah perkara mudah.


Baca Juga : Densus 88 Tangkap Istri Pelaku Bom Bunuh Diri Polrestabes Medan

"Nantilah, kan deradikalisasi tidak sesederhana itu. Kalau tindakan melanggar hukum, ya dibawa ke hukum. Kalau tindakan ideologis dibawa ke wacana. Kalau tindakan ujaran kebencian dibawa ke KUHP kan gitu. Itu tidak bisa sederhana, gimana deradikalisasinya itu, tiga cara itu tadi," tutur Mahfud.

Detasemen Khusus (Densus) Antiteror 88 dilaporkan sudah meringkus DA, istri terduga pelaku teror di Mapolrestabes Medan. Berdasarkan hasil penyelidikan sementara, DA lebih dahulu terpapar radikalisme sebelum pelaku.


Baca Juga : Polisi Tanggapi Pernyataan Mahfud MD soal Pelaku Bom di Medan

(erh)

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini