DPR Dukung Rencana Pemerintah Bentuk Badan Legislasi Nasional

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Rabu 13 November 2019 20:33 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 13 337 2129549 dpr-dukung-rencana-pemerintah-bentuk-badan-legislasi-nasional-AJP609rGwV.jpg Rapat di DPR RI (Foto: Okezone/Harits)

JAKARTA - Pemerintah berencana membentuk Badan Legislasi Nasional yang nantinya bertugas untuk melakukan penyerdehanaan regulasi dan peraturan perundang-undangan di berbagai tingkatan.

Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia mengatakan bahwa sangat mendukung pemerintah dalam membentuk lembaga/badan yang bertugas mensinkronisasi dan harmonisasi peraturan perundang-undangan secara nasional. Dengan begitu dia meyakini akan lebih terintegrasi sesuai dengan keinginan presiden Jokowi.

"Saya cenderung di bawah presiden karena terintegrasi, dan kalaupun dalam tugas-tugas badan ini terjadi tumpang tindih dengan UU di atasnya, bisa lngsung diusulkan pemerintah dan dibahas di DPR," ujar Doli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (13/11/2019).

DPR

Baca Juga: Pratikno Beberkan Pemerintah Bakal Bentuk Badan Legislasi Nasional saat Rapat Dengan Komisi II

Doli berharap badan atau lembaga tersebut sebaiknya di bawah koordinasi langsung Presiden, bukan di bawah suatu kementerian. Dia pun menilai kehadiran badan tersebut akan memberikan dampak positif agar tak ada tumpang tindih antara satu peraturan dengan peraturan lainnya.

"Ini positif karena sebagian besar anggota Komisi II DPR adalah mantan kepala daerah, mereka merasakan betul adanya tumpang tindih antara satu peraturan dengan peraturan lain, baik itu sejajar, selevel, atau vertikal," ucapnya.

Guna menindaklanjuti rencana pemerintah yang akan membuat Badan Legislasi Nasional, Kata Doli Komisi II nantinya akan menggelar rapat dengar pendapat (RDP) untuk melakukan pendalaman dan menyamakan pandangan.

"Nanti akan kami bicarakan sekaligus, gimana dan apa (nama) lembaga tersebut. Posisinya dimana dan regulasi apa? Kapan dibentuk? Itu akan kami tanya lebih lanjut," tutur Doli.

Diwartakan sebelumnya Pemerintah berencana membentuk Badan Legislasi Nasional. Namun hingga sekarang masih mencari nama yang tepat untuk lembaga tersebut.

Demikian disampaikan Menteri Sekretaris Negera Pratikno saat melakukan rapat kerja dengan Komisi II DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, hari ini.

“Memang Presiden menyatakan akan membentuk Badan legislasi nasional, kita sedang memikirkan namanya badan regulasi nasional,” ujar Pratikno.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini