nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bamsoet Sebut Nasdem Setuju Amandemen Terbatas UUD 1945

Fahreza Rizky, Jurnalis · Rabu 13 November 2019 16:47 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 13 337 2129420 bamsoet-sebut-nasdem-setuju-amandemen-terbatas-uud-1945-oGsdgtQp2h.jpg Ketua MPR, Bambang Soesatyo (foto: Sindo)

JAKARTA - Pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) mengunjungi Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh. Kedua belah pihak membahas rencana amendemen terbatas UUD 1945 untuk menghidupkan kembali Garis-garis Besar Haluan Negara (GBHN).

Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengatakan, Nasdem merupakan partai politik yang setuju dilakukannya amandemen terbatas UUD 1945. Bahkan, Ketum Nasdem Surya Paloh mengusulkan agar dilakukan amandemen UUD 1945 secara menyeluruh.

"Jadi kita membuka dokumen, ternyata partai Nasdem masuk yang ikut mendorong atau setuju dalam dokumen amandemen terbatas selain tujuh partai yang lain. Hanya Golkar, PKS dan Demokrat yang ketika itu menginginkan tidak amandemen tapi melalui UU atas GBHN," kata Bamsoet di DPP Nasdem, Gondangdia, Jakarta Pusat, Rabu (13/11/2019).

 Baca juga: Pimpinan MPR Bertemu Surya Paloh di DPP Partai Nasdem

"Tadi bang Surya menyampaikan, amandemen menyeluruh yang mengevaluasi berdasarkan daftar isian masalah kita sebagai bangsa dan negara," sambungnya.

Namun demikian, Bamsoet mengatakan untuk mewujudkan itu bukanlah perkara mudah. Dan perubahan atau amandemen atas UUD 1945 harus didasarkan pada kebutuhan bangsa.

"Tapi tidak boleh gampangan, harus betul cermat. Kalau memang kita mau ubah, rubah sesuai dengan kebutuhan bangsa. Tidak boleh mengada-ngada," tukas politikus Golkar itu.

 Baca juga: Besok Pimpinan MPR Akan Temui Partai NasDem Usai Kunjungi PAN

Sementara itu, Ketum Nasdem Surya Paloh mengatakan pertemuannya dengan pimpinan MPR untuk saling berbagi ide demi pembangunan bangsa. Paloh berharap MPR bisa lebih berperan untuk menguatkan tatanan demokrasi yang sudah ada.

Pimpinan MPR yang hadir dalam pertemuan ini antara lain Bambang Soesatyo, Arsul Sani, Hidayat Nur Wahid, dan Lestari Moerdijat. Mereka disambut Surya Paloh dan jajaran dengan hangat.

Adapun jajaran pengurus Nasdem yang menemani Surya Paloh, antara lain Ketua DPP Charles Meikyansah, Willy Aditya, Hermawi Taslim, Suyoto, dan Zulfan Lindan.

Sebelumnya, pimpinan MPR menemui Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan dan jajarannya. Satu hal yang dibahas soal wacana penghidupan kembali Garis-garis Besar Haluan Negara (GBHN) oleh MPR.

Ketua MPR Bambang Soesatyo mengatakan, pihaknya tidak hanya melakukan kunjungan ke elite partai politik. Tetapi, MPR juga akan bersilaturahmi dengan berbagai tokoh lintas agama.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini