nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bocoran Moeldoko soal Sosok Calon Wakil Panglima TNI

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Rabu 13 November 2019 16:08 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 13 337 2129393 bocoran-moeldoko-soal-sosok-calon-wakil-panglima-tni-2SRqMm6SWy.jpg Kepala KSP Moeldoko (Foto: Okezone/Harits Tryan)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 66 Tahun 2019 tentang susunan organisasi Tentara Nasional Indonesia (TNI). Paling disorot dihidupkannya kembali pos jabatan wakil panglima TNI.

Terkait hal itu, Kepala Staf Kantor Presiden (KSP) Moeldoko memastikan, nantinya jabatan wakil panglima TNI akan diisi jenderal bintang empat atau memiliki pengalaman sebagai kepala staf angkatan.

"Intinya bahwa wakil panglima bintang empat dan dia setiap saat bisa menjalankan fungsi kepanglimaan maka seyogyanya memang sudah punya pengalaman kepala staf angkatan," ujar Moeldoko di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (13/11/2019).

Baca Juga: Hidupkan Kembali Jabatan Wakil Panglima TNI, Jokowi: Ini Mengelola Manajemen Besar 

Diharapkannya, sosok wakil panglima ini dapat mengemban tugas dari panglima jika berhalangan hadir. Karena itulah, seyogyanya harus mempunyai pengalaman sebagai kepala staf angkatan.

 KSAD Jenderal Andika Perkasa Foto Dispenad

Karena, selama ini saat Panglima TNI tak bisa hadir, maka ia akan membuat surat untuk diteruskan kepada kepala staf angkatan agar menggantikan tugasnya. Sejatinya, tugas panglima dan kepala staf sangat berbeda.

"Nanti kalau sudah ada panglima dan wakil panglima itu dalam satu kotak, sehingga kalau panglima enggak ada, otomatis wakil panglima itu eks selaku panglima. Tugas kepanglimaan itu dijalankan," tuturnya.

Dengan begitu dipastikan tiga kepala staf dari tiap matra berpotensi menjadi wakil panglima TNI. Mengenai adanya anggapan Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Andika Perkasa bakal menjadi Wakil Panglima, ia enggak berpendapat.

"Panglima yang melihat, kok tanya gua," ujar Moeldoko.

Baca Juga: Soal Jabatan Wakil Panglima TNI, Prabowo: Itu Hak Prerogatif Presiden

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini