nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kapolda Papua: Ada Ancaman Jelang HUT OPM

Fadel Prayoga, Jurnalis · Rabu 13 November 2019 02:28 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 13 337 2129088 kapolda-papua-ada-ancaman-jelang-hut-opm-hZ9H76IgnE.jpg Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw. (Foto: Fadel Prayoga/Okezone)

JAKARTA – Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw menyebut ancaman akan muncul jelang berlangsungnya hari ulang tahun Organisasi Papua Merdeka (OPM) pada 1 Desember 2019. Namun, dia enggan menjelaskan lebih rinci ihwal ancaman yang mengancam keamanan di Bumi Cenderawasih.

"Ada (ancaman), mereka ingin merayakan hari ulang tahun kemerdekaan bangsa Papua Barat atau West Papua yang sudah mereka peringati sejak 1962," kata Paulus Waterpauw dalam acara diskusi di Gedung IASTH, Kampus UI Salemba, Jakarta Pusat, Selasa 12 November 2019.

Baca juga: DPR Ingin Masalah Papua Diselesaikan Melalui Pendekatan Dialogis 

Jenderal bintang dua ini menyatakan telah melakukan antisipasi dengan berbagai cara agar situasi kondusif di Papua tetap terjaga. Salah satunya melakukan pendekatan dan komunikasi dengan tokoh-tokoh masyarakat di sana.

"Kita lakukan juga yang kita sudah menyiapkan berbagai cara bertindak untuk mengantisipasi itu semua. Sembari kita pendekatan membangun komunikasi, kemudian juga melakukan cipta kondisi," ujarnya.

Baca juga: Sempat Buron, Pelaku Kerusuhan di Wamena Akhirnya Diciduk 

Selain itu, lanjut dia, polisi juga menggelar beberapa kegiatan yang melibatkan para pemuda agar pikiran mereka tidak terhasut oleh sebagian kelompok yang ingin memanfaatkan HUT OPM untuk melepaskan diri dari wilayah NKRI.

"Anak-anak muda kita buat agenda berbagai aktivitas, event-event olahraga, kesenian, dan arahan-arahan ceramah yang itu kita lakukan," jelasnya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini