nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi Jawab Usulkan KPU soal E-Rekap

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Selasa 12 November 2019 20:57 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 12 337 2129037 jokowi-jawab-usulkan-kpu-soal-e-rekap-KRHdo0GuJG.jpg Presiden Jokowi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengusulkan penggunaan sistem e-Rekap dalam kontestasi Pemilu ke depan saat bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana, Senin 11 November 2019.

Jokowi pun menampung usulan KPU tersebut. Menurut dia, pemerintah bersama DPR akan terus mengevaluasi sistem Pemilu ke depan.

"Kita ingin bersama-sama mengevaluasi, mengoreksi, dari apa yang sudah terjadi di Pemilu lalu untuk perbaikan Pemilu ke depan. (Kita) evaluasi dan dikaji lagi," kata Jokowi saat meninjau pameran foto 'Membangun Indonesia' di Mall Neo Soho Central Park, Jakarta, Selasa (12/11/2019).

Kepala Negara menerangkan evakuasi dan pengkajian sistem Pemilu guna meningkatkan kualitas demokrasi bangsa Indonesia. Sehingga, ia pun tak menampik bila adanya kemungkinan untuk merevisi sistem Pemilu tersebut.

"Baru menuju ke kemungkinan revisi," tandasnya.

KPU

Baca Juga: Cegah Petugas KPPS Kelelahan, KPU Usul ke Jokowi Pemilu Gunakan E-Rekap

Sebelumnya, KPU mengusulkan agar sistem Pemilu ke depan menggunakan e-Rekap guna mencegah petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) hingga mengakibatkan banyak yang meninggal dunia seperti di Pemilu serentak 2019.

"Pertama, kami mengusulkan penggunaan e-Rekap. Jadi, ini harus diubah di tingkat UU. Sehingga hasil pemilu secara elektronik bisa langsung ditetapkan. Kalau selama ini kita menggunakan e-Rekap dalam sistem kita disitung hanya sebagai bagian penyediaan informasi, tapi tidak bisa digunakan sebagai data resmi penetapan hasil pemilu," kata Ketua KPU Arief Budiman.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini