Bamsoet Tegaskan MPR Tak Gegabah soal Amandemen UUD & Hidupkan GBHN

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Selasa 12 November 2019 19:27 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 12 337 2128998 bamsoet-tegaskan-mpr-tak-gegabah-soal-amandemen-uud-hidupkan-gbhn-1e4Ul3R9cn.jpg Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Foto: Okezone.com/Harits)

JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo atau Bamsoet mengucapkan terima kasih kepada DPP Partai Amanat Nasional (PAN) yang telah menerima kunjungan pimpinan MPR dalam rangka silahturahmi kebangsaan.

Bamsoet berujar, dalam pertemuan ini PAN turut menyatakan sikapnya untuk mendorong dilakukannya amendemen terbatas dan perlunya dihadirkannya kembali Garis Besar Haluan Negara (GBHN) dalam sistem konstitusi bangsa Indonesia.

“Sementara yang masih belum mengambil sikap yang sama antara lain partai saya sendiri Partai Golkar yang masih mendorong GBHN bisa di dalam UU. Begitu juga dengan Demokrat dan PKS,” kata Bamsoet usai pertemuan di kantor DPP PAN, Jalan Daksa 1, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (12/10/2019).

Bamsoet bersama para petinggi PAN (Foto : Okezone.com/Harits)

Namun, dia menegaskan pihaknya tak ingin gegabah dan tetap berhati-hati terkait arah konstitusi ini. Bamsoet juga bakal menerima masukan dari masyarakat apakah diperlukan melakukan amandemen terbatas atau GBHN.

“Tentu kami di MPR tidak akan gegabah dan akan cermat betul dan akan sangat mendalami betul aspirasi yang berkembang. Kamu tahu dampaknya apabila keputusan ini salah diambil,” jelas Bamsoet.

“Apakah nanti amandemen ini akan dilakukan secara terbatas, menyeluruh, disempurnakan atau kembali ke UUD 1945 yang asli atau tidak perlu sama sekali, itu nanti kita serahkan pada perkembangan dalam rangka kita menjaring aspirasi dari seluruh lapisan masyarakat,” tambahnya.

Sementara, Sekjen PAN Eddy Soeparno menjelaskan bahwa pihaknya memang mendukung amandemen terbatas itu. Namun harus dikaji lebih dalam mengenai format dari amandemen itu.

“Itu harus kita kaji secara mendalam. Tetapi kalau itu merupakan konsesi secara bersama, akan dilaksanan oleh MPR periode ini,” imbuh Eddy.

Baca Juga : Polres Jeneponto Tindak Tegas Anggotanya yang Nyabu Bersama Teman Perempuannya

Dia berharap dalam periode MPR sekarang ini, dapat meghasilkan sebuah sesuatu yang dapat memberikan dampak kepada masyarakat. “Kami berharap akan ada hasil sebelum MPR peridoe ini berakhir masa tugasnya, MPR bisa mempersembahkan sesuatu bagi masyarakat bagi bangsa apalagi kemajuan demorkasi,” tutur Eddy.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini