nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dirjen Imigrasi Pastikan Tidak Cekal Habib Rizieq Shihab Kembali ke Indonesia

Muhamad Rizky, Jurnalis · Selasa 12 November 2019 18:55 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 12 337 2128973 dirjen-imigrasi-pastikan-tidak-cekal-habib-rizieq-shihab-kembali-ke-indonesia-6anGfT0V2m.jpg Dirjen Imigrasi Ronny Franky/Muhamad Rizky)

JAKARTA - Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Ham, Ronny Franky Sompie angkat bicara perihal pengakuan imam besar Front Pembela Islam (FPI) yang memiliki surat pencekalan dari pemerintah Indonesia terhadap Arab Saudi sehingga tidak bisa kembali ke Indonesia.

Ronny mengatakan, bahwa sesuai dengan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian Pasal 14 dijelaskan bahwa setiap warga negara Indonesia tidak dapat ditolak untuk kembali ke Indonesia.

"Berdasarkan UU Nomor 6 tahun 2011 tentang Keimigrasian. UU ini menganut hak asasi secara internasional dimana dalam Pasal 14 dinyatakan pemeritah Indonesia tidak berwenang untuk menolak, untuk menangkal WNI yang akan kembali masuk ke Indonesia setelah berpergian dari luar negeri," tuturnya di Jakarta Pusat, Selasa (12/11/2019).

Rizieq

Baca Juga: Mahfud MD: Tidak Ada Bukti Pemerintah Indonesia Mencekal Habib Rizieq

Ia menjelaskan, pencekalan hanya bisa dilakuan terhadap warga negara asing atas permintaan negara yang terkait apabila memiliki permasalahan hukum.

"Jadi hanya orang asing yang bermanfaat bagi Indonesia yang tidak membahayakan bagi Indonesia yang boleh masuk ke Indonesia hanya berlaku untuk orang asing penangkalannnya," tuturnya.

Adapun terkait dengan izin tinggal dan lain sebagainya di luar negeri, Ronny mengatakan hal itu tergantung negara yang bersangkutan.

"Sampai saat ini pak Habib Rizieq Shihab keluar dari Indonesia tanggal 27 April 2017 yang lalu, sudah dua tahun lebih beliau meninggalkan Indonesia. Nah apakah ini berkait dengan visa yang diberikan izin tinggal yang diberikan, atau ada persoalan yang lain tentu ini menjadi kewenangan dari pemerintah Arab Saudi," tambahnya.

Sekadar diketahui, Rizieq Shihab baru-baru ini menunjukkan surat pencekalan dari pihak pemerintah Indonesia kepada pemerintah Arab Saudi, yang membuatnya belum bisa pulang ke Tanah Air.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini