nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dalam Rapat Tertutup, Effendi Simbolon Dapatkan Jawaban Soal Pencekalan Habib Rizieq

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Selasa 12 November 2019 18:37 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 12 337 2128956 dalam-rapat-tertutup-effendi-ghazali-dapatkan-jawaban-soal-pencekalan-habib-rizieq-ECwmGOf9ll.jpg Anggota Komisi I DPR, Effendi Simbolon (foto: Sindo)

JAKARTA - Usai menanyakan perihal pencekalan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shibab, Anggota Komisi I Fraksi PDIP Effendi Simbolon mengaku telah mendapatkan penjelasan dari Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi dalam rapat kerja tadi.

“Memang saya ingin mendapat penjelasan dari pemerintah Kemenlu, dan dari penjelasan beliau bahwa tidak ada kelembagaan Kemenlu dalam hal surat menyurat kepentingan terhadap masalah saudara Habib Rizieq, itu yang jadi jawaban beliau,” ujar Effendi di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (12/11/2019).

 Baca juga: Respons Kemenag soal Rekomendasi Perpanjangan Izin FPI

Diketahui sebelumnya, melontarkan pertanyaan pencekalan Habib Rizieq kepada Menlu Retno dalam rapat. Namun tak dijawab secara terbuka bagi umum.

Effendi berujar, pemerintah juga akan melakukan investigas ihwal video Habib Rizieq yang seperti menunjukkan airat pencekalannya.

“Bahwa ada video kemudian itu sedang ditelusuri keabsahan dan kebenarannya dan apa itu, dan itu mereka, pemerintah sepakat satu pintu yang menjelaskan, yakni Menko Polhukam,” tutur Effendi.

 Baca juga: Mahfud MD: Tidak Ada Bukti Pemerintah Indonesia Mencekal Habib Rizieq

Mengenai keinginan Menlu Retno menjawab secara tertutup terkait pencekalan Habib Rizieq, Effendi menilai hal tersebut bukanlah hal yang sensitif. Melainkan hanya untuk mengecek hak Habib Rizieq sebagai warga negara.

“Isu Habib Rizieq, tidak ada itu clear menjawab, saya juga menanyakan biar tidak ada pertanyaan yang bias gitu. Jadi kita ingin pertanggungjawaban dalam perlindungan warga negara siapapun dia, termasuk Habib Rizieq di Arab Saudi makanya kita ingin penjelasan,” jelas dia.

Terpisah, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi tak mau menjelaskan jawabannya atas pertanyaan Effendi ihwal pencekalan Habib Rizieq. Dia menyebut, sampai sekarang pemerintah melalui Menko Polhukam Mahfud MD masih melakukan pendalaman informasi.

“Iya Pak Menko ya. Sedang dicari informasi ya. Paspor beliau (Rizieq) masih memegang paspor WNI,” singkat Retno.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini