nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Respons Kemenag soal Rekomendasi Perpanjangan Izin FPI

Fahreza Rizky, Jurnalis · Selasa 12 November 2019 16:27 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 12 337 2128896 respons-kemenag-soal-rekomendasi-perpanjangan-izin-fpi-w7G8y7mCMK.jpg Habib Rizieq Shihab (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) menyebut pemberian rekomendasi perpanjangan izin Organisasi Masyarakat (Ormas) Front Pembela Islam (FPI) merupakan kewenangan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Itu kan hanya rekomendasi saja. Rekomendasi itu yang miliki kewenangan Kemendagri," singkat Sekjen Kemenag M Nur Kholis Setiawan di Hotel Grand Sahid Jaya, Sudirman, Jakarta Pusat, Selasa (12/11/2019).

Diketahui, hingga kini perpanjangan izin surat keterangan terdaftar (SKT) FPI belum dikeluarkan Kemendagri lantaran masih kurangnya persyaratan.

Baca Juga: Mahfud MD: Tidak Ada Bukti Pemerintah Indonesia Mencekal Habib Rizieq

Salah satu persyaratan dimaksud adalah belum adanya rekomendasi dari Kemenag. Rekomendasi dari Kemenag merupakan salah satu syarat yang harus disetorkan ke Kemendagri.

Habib Rizieq

Sementara itu, Ketua Umum FPI Sobri Lubis mengklaim sudah mendapat rekomendasi izin SKT ormas dari Kemenag ketika masih dipimpin oleh Menag Lukman Hakim Saifuddin.

"Enggak ada masalah. Sudah rapi semuanya sudah enggak ada masalah, rekomendasi Kemenag sudah kita dapat. Sudah lama sejak menteri yang lalu. menteri yang lalu Pak Lukman," kata Sobri di DPP FPI, Senin 11 November 2019.

Baca Juga: Fadli Zon Komentari Pengakuan Pencekalan Habib Rizieq

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini