Menkominfo Pantau Eskalasi Hasutan Jelang HUT OPM

Fahreza Rizky, Okezone · Selasa 12 November 2019 12:58 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 12 337 2128772 menkominfo-pantau-eskalasi-hasutan-jelang-hut-opm-D0ldQ25E8y.jpg Menkominfo, Johhny G Plate (foto: Okezone.com/Reza)

JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G Plate mengatakan, pemerintah memantau eskalasi hasutan dan hoaks menjelang peringatan hari ulang tahun (HUT) Organisasi Papua Merdeka (OPM) pada 1 Desember 2019 mendatang.

Johnny mengatakan, eskalasi hasutan dan hoaks yang dipantaunya berjalan dinamis. Karena itu, pemerintah tetap memantau perkembangan di media sosial menjelang HUT OPM.

"Ya itu berjalan terus secara dinamis. Itu dipantau dan diikuti," kata Johnny usai menghadiri acara penandatanganan Surat Keputusan Bersama Penanganan Radikalisme ASN yang digelar Kemenpan-RB di Hotel Sahid Jaya, Sudirman, Jakarta Pusat, Selasa (12/11/2019).

 Baca juga: Polri Tidak Terapkan Pengamanan Khusus saat HUT OPM

Johnny belum bisa memastikan apakah akan ada pemblokiran akses internet atau tidak pada hari H peringatan HUT OPM. Namun yang pasti dia mengingatkan agar penggunaan internet harus dilakukan secara bijak.

"Belum apa-apa udah ngomong blokir aja. Gunakan dengan baik dulu," imbuhnya.

 Baca juga: Mahfud MD Antisipasi Aspek Politis HUT OPM

Diwartakan sebelumnya, Menko Polhukam Mahfud Md memberi perhatian khusus menjelang peringatan HUT OPM pada 1 Desember 2019 mendatang. Pemerintah, kata dia, akan mengantisipasi hal-hal politis yang biasanya dilakukan melalui pembangunan opini yang keliru.

"Itu juga menjadi perhatian kita agar Papua itu hati-hati segi politisnya. Kalau segi keamanannya sebenarnya sih sudah standar yang dilakukan tapi kalau segi politis itu kadangkala membangun opini yang tidak-tidak, yang tidak diduga tiba-tiba muncul opini yang sebenarnya di lapangan tidak ada," kata Mahfud di Gedung Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa 5 November 2019.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini