nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Selasa Sore Ini Kemendagri Beberkan Temuan Tim Verifikasi Desa Fiktif

Selasa 12 November 2019 06:45 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 12 337 2128657 selasa-sore-ini-kemendagri-beberkan-temuan-tim-verifikasi-desa-fiktif-DuPgMhqxGN.jpg Suasana di salah satu desa yang diduga fiktif di Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara. (Foto: Ist)

JAKARTA – Kementerian Dalam Negeri telah mengumpulkan semua bukti terkait dugaan desa fiktif di Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara. Bukti-bukti hasil temuan tim verifikasi itu akan diumumkan pada Selasa 12 November 2019 sore ini.

Kepala Pusat Penerangan Kemendagri Bahtiar mengatakan temuan tim verifikasi tersebut didapat saat terjun langsung ke Provinsi Sultra setelah berkoordinasi dengan pemerintah provinsi, polda, Pemkab Konawe, hingga polres setempat.

Baca juga: Perda Penerima Dana Desa di Kabupaten Konawe Diduga Rekayasa 

"Besok Selasa (hari ini). Besok itu tim pulang, sore jam 3," kata Bahtiar, Senin 11 November 2019 malam, seperti dinukil dari iNews.id.

Desa fiktif di Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara. (Foto: Ist)

Ia mengungkapkan, sebelum konferensi pers, Kemendagri akan rapat bersama tim verifikasi untuk mengetahui apa saja yang menjadi temuannya saat melakukan verifikasi di lokasi yang diduga merupakan desa fiktif.

Baca juga: Polri Gali Unsur Pidana Terkait Kasus Desa Siluman 

Kemudian, jelas dia, Kemendagri bersama kementerian terkait akan menggelar jumpa pers untuk menyampaikan kepada publik hasil temuan tersebut.

"Kemungkinan jam 4 bisa konpers. Nanti mengundang kementerian lain, termasuk Kemendes dan Kemenkeu. Besok akan terang-benderang hasilnya seperti apa, baik dari sisi administrasi maupun dari sisi lainnya," ujar Bahtiar.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengungkapkan telah menerjunkan tim verifikasi untuk mengecek dugaan desa fiktif di Kabupaten Kowane, Sulawesi Tenggara. Diduga ada empat desa fiktif di sana.

"Sudah. Tim kita sudah bergerak ke sana bersama pemerintah provinsi, dan ada empat (desa) ya, bersama dengan Kapolda Sultra," kata Tito ketika berada di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Rabu 6 November 2019.

Baca juga: Baru Setahun Menjabat, Gubernur Sultra Pasrah Kasus Desa "Siluman" Diusut Polisi 

Desa fiktif di Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara. (Foto: Ist)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini