nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Daerah yang Berpotensi Diguyur Hujan Lebat Sepekan ke Depan

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Selasa 12 November 2019 07:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 12 337 2128652 ini-daerah-yang-berpotensi-diguyur-hujan-lebat-sepekan-ke-depan-kwfFMJxViU.jpg Ilustrasi hujan lebat. (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi sejumlah daerah di Indonesia berpotensi diguyur hujan lebat selama sepekan ke depan. Menurut BMKG, hujan lebat akan disertai kilat dan petir.

"BMKG memprakirakan dalam sepekan ke depan curah hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang berpotensi terjadi di beberapa wilayah," kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG R Mulyono Rahadi Prabowo melalui pesannya, Selasa (12/11/2019).

Baca juga: Jakarta Berpotensi Diguyur Hujan pada Siang dan Malam Hari Ini 

Ia membeberkan sejumlah daerah yang berpotensi diguyur hujan lebat sepekan ke depan. Hujan lebat berpotensi mengguyur Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, dan Papua pada 11–14 November.

Ilustrasi hujan. (Foto: Dok Okezone)

Sedangkan untuk periode 15–17 November, hujan lebat diperkirakan mengguyur Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kalimantan Utara, serta Papua.

Baca juga: Ini Wilayah-Wilayah Berpotensi Dilanda Hujan Lebat dan Gelombang Tinggi hingga 17 November 

Selain hujan lebat, BMKG juga memperkirakan sejumlah perairan ditempa dengan gelombang tinggi 2,5–4 meter. Gelombang tinggi berpotensi terjadi pada 11–17 November.

"Diperkirakan juga berpeluang terjadi di perairan barat Kepulauan Simeulue–Kepulauan Mentawai, perairan barat Pulau Enggano, Perairan barat Lampung, Selat Sunda bagian selatan, perairan selatan Jawa hingga Pulau Lombok, Samudera Hindia barat Sumatera hingga selatan NTB," ujarnya.

BMKG meminta masyarakat, khususnya yang ada di wilayah pesisir dan daerah bencana, agar waspada serta selalu berhati-hati. Sebab, potensi bencana alam memungkinkan terjadi pada musim hujan.

"Masyarakat diimbau tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin," ujarnya.

Baca juga: BNPB Catat 57 Puting Beliung Selama Pancaroba 

Hujan. (Foto: Dok Okezone/Abu Sahma Pane)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini