nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Diusulkan Jadi Capres, Surya Paloh: Kalau 20 Tahun Lalu Saya Siap

Muhamad Rizky, Jurnalis · Selasa 12 November 2019 01:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 12 337 2128607 diusulkan-jadi-capres-surya-paloh-kalau-20-tahun-lalu-saya-siap-iuFgZTNu4b.jpg Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh. (Foto: Dok Okezone/Arif Julianto)

JAKARTA – Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh mengungkapkan bahwa dirinya diusulkan para peserta Kongres II Nasdem untuk menjadi calon presiden dalam Pemilihan Presiden 2024.

"Semua ini adalah hasil seluruh pemilik yang dihasilkan pada kongres. Ini yang luar biasa Pak Presiden, kongres memintakan agar saya bersedia untuk dicalonkan menjadi calon presiden pada tahun 2024," tutur Paloh saat sambutan HUT kedelapan Partai Nasdem di JI Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin 11 November 2019.

Baca juga: Bahas Tidak Disalami Megawati, Surya Paloh Sebut Sempat Kirim Intelijen 

Ia kemudian curhat kepada Presiden Joko Widodo. Menurut Paloh, semua rekomendasi peserta Kongres II Nasdem sanggup dilakukan, kecuali mencalonkan diri sebagai presiden.

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh memberi sambutan dalam Kongres II Nasdem. (Foto: Muhamad Rizky/Okezone)

"Ini yang paling terberat Pak Presiden (Jokowi). Seluruh tugas yang diberikan kepada saya dengan mandat sebagai ketum terpilih, insya Allah rasa-rasanya bisa saya lakukan," tambah Paloh.

Baca juga: Pemerintah Sudah Gandeng Gerindra, Kenapa Nasdem Rangkul PKS? 

"Tapi memberikan harapan, keyakinan, tugas menjadi calon presiden, ah, Bapak Presiden, Bapak Wakil Presiden, Mbak Mega yang saya sayangi, rasanya tidak mungkin 'membalikkan jarum jam'. Ini yang menjadi permasalahan bagi saya," sambungnya.

Paloh pun mengaku menolak tawaran tersebut. Dirinya berandai-andai jika tawaran itu datang 20 tahun lalu bisa saja diterima maju sebagai calon presiden.

Baca juga: Surya Paloh Peluk Sohibul Iman, Jokowi: Saya Tidak Pernah Dirangkul Seerat Itu 

"Saya terima hormat kepada kawan-kawan semuanya, tapi saya katakan, kalau saja tawaran ini berlaku pada 20 tahun lalu saya siap untuk itu," tutur Paloh.

Surya Paloh di Kongres II Partai Nasdem. (Foto: Twitter Nasdem)

Dia menegaskan akan mendorong generasi muda mencalonkan diri sebagai pemimpin di Indonesia dengan melakukan konvensi partai.

Baca juga: Surya Paloh Kembali Jadi Ketum Partai Nasdem 2019-2024 

"Saya pikir, saya berikhtiar, saya berkontemplasi pada diri saya semalaman, maka di hadapan tokoh bangsa, saya akan katakan partai ini harus berani menjadi sebagai inisiator untuk membuka dan memberikan ruang kesempatan kepada seluruh potensi anak negeri yang mungkin pantas, patut, untuk menjadi pemimpin negeri di 2024," tukasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini