nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Soal Perppu KPK, Mahfud MD: Presiden Jokowi Menunggu Hasil Uji MK

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Selasa 12 November 2019 00:37 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 12 337 2128605 soal-perppu-kpk-mahfud-md-presiden-jokowi-menunggu-hasil-uji-mk-QlJhRp9CqB.jpg Menko Polhukam Mahfud MD. (Foto: Dok Okezone/Fahreza Rizky)

JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD membahas Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di hadapan sejumlah tokoh.

Mantan ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini mengungkapkan bahwa Presiden Joko Widodo bukan tidak akan menerbitkan Perppu KPK, melainkan masih belum memutuskan.

Baca juga: YLBHI Sebut Mahfud MD Harus Mampu Nasihati Jokowi soal UU KPK 

"Presiden minggu lalu sesudah saya menjadi menteri itu menyatakan bahwa Presiden belum memutuskan, bukan tidak akan," ucap Mahfud MD ketika berada di Gedung Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Senin 11 November 2019 malam.

Presiden Jokowi. (Foto: Twitter @KSPgoid)

Ia menjelaskan bahwa Presiden Jokowi belum memutuskan menerbitkan Perppu KPK lantaran masih menunggu hasil uji kelayakan yang sedang digodok MK.

Baca juga: Mahfud MD dan Tak Kunjung Diterbitkannya Perppu KPK 

"Saya ketemu dengan Presiden duduk dalam satu mobil. Pak Mahfud, saya ini bukan tidak mau menerbitkan perppu. Saya belum memutuskan untuk menerbitkan apa tidak, karena sekarang sekarang itu sedang diuji di Mahkamah Konstitusi," tutur Mahfud menirukan perkataan Jokowi.

Maka itu, Mahfud hingga kini tidak bisa mengomentari terkait Perppu KPK terlalu jauh karena masih menunggu keputusan Presiden Jokowi terkait uji di MK.

Baca juga: Mahfud MD Dukung Perppu KPK, tapi Tak Bisa Paksa Presiden 

"Maka dalam posisi ini, tentu saya nunggu Presiden kan, mengeluarkan Perppu atau tidak, pasti saya akan memberikan saran-saran, akan memberi pertimbangan, begitu kan sudah jelas," jelas Mahfud.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). (Foto: Dok Okezone/Puteranegara Batubara)

Seperti diberitakan, Mahfud MD membahas mengenai Perppu KPK dalam sambutan pertemuan dengan tokoh masyarakat pimpinan Gunawan Muhamad.

Baca juga: Mahfud MD: Pengangkatan Dewan Pengawas Tanpa Pansel Sesuai UU KPK 

Dalam pertemuan itu tampak hadir Frans Magnis Suseno, pakar hukum tata negara Sekolah Hukum Jentera Bivitri Susanti, Emil Salim, serta beberapa tokoh lainnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini