nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Prabowo Bakal Libatkan Mendikbud untuk Siapkan Komponen Cadangan

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Senin 11 November 2019 20:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 11 337 2128555 prabowo-bakal-libatkan-mendikbud-untuk-siapkan-komponen-cadangan-SkOrLb3n6V.jpg Menhan Prabowo Subianto (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto berencana menggandeng Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim dalam mempersiapkan komponen cadangan pertahan bangsa.

“Iya tentunya harus kita ikut sertakan (Mendikbud) karena dalam kompetensi cadangan, itu juga menyangkut pembentukan kekuatan cadangan kita yang akan mengandalkan kekuatan rakyat. Terutama para golongan terdidik S3, S2, dan S1 lalu golongan mahasiswa,” ujar Prabowo di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (11/11/2019).

Prabowo

Baca Juga: Prabowo Akui Industri Pertahanan Indonesia Banyak Kekurangannya

Mantan Danjen Kopassus itu memastikan bahwa nantinya pelatihan komponen cadangan bukan seperti wajib militer. Tetapi akan disampaikan pada waktu yang tepat.

“Saya kira dalam UU kita tidak sampai di situ, tapi lebih bersifat komponen cadangan. Nanti pada saatnya akan kita tampilkan,” katanya.

Diwartakan sebelumnya, dalam rapat kerja dengan komisi I DPR, Menhan Prabowo berencana untuk melibatkan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam menyusun komponen cadangan dalam menjaga pertahan bangsa.

“Sebagai contoh kita harus kerjasama dengan kementerian pendidikan untuk menyusun komponen cadangan,” tuturnya.

Sekadar informasi, berdasarkan Undang-Undang tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara (PSDN), Komponen Cadangan disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna memperbesar dan memperkuat kekuatan dan kemampuan Komponen Utama atau TNI dalam menghadapi ancaman militer.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini