Setara: Pelanggaran Kebebasan Beragama Tertinggi di Jawa Barat

Muhamad Rizky, Okezone · Senin 11 November 2019 17:08 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 11 337 2128445 setara-pelanggaran-kebebasan-beragama-tertinggi-di-jawa-barat-zpUcnEiNhA.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Setara Institute merilis hasil temuannya terkait kondisi kebebasan beragama atau berkeyakinan (KBB) di Indonesia selama lima tahun terakhir pemerintahan Joko Widodo (Jokowi). Dalam temuannya, terdapat 10 provinsi di Indonesia yang melakukan pelanggaran KBB tertinggi.

Direktur Riset Setara Institute, Halili menyatakan, kesepuluh provinsi yakni Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, Aceh, DI Yogyakarta, Banten, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan dan Sumatera Barat.

Menurutnya, angka paling tinggi pelanggaran KBB terjadi di Jawa Barat dengan 162 peristiwa. Kemudian disusul DKI Jakarta 113 peristiwa, dan Jawa Timur 98 peristiwa pelanggaran KBB.

"Itu kondisi 5 tahun terakhir," kata Halili di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Senin (11/11/2019).

Ia menjelaskan, aktor yang melakukan pelanggaran KBB tersebut paling banyak dilakukan oleh aparat negara mulai dari oknum polisi hingga pemerintahan desa.

"Aktor negara yang paling banyak melakukan pelanggaran KBB dalam 12 tahun terakhir adalah kepolisian, disusul pemerintah daerah," bebernya.

Selain negara, ada pula sejumlah aktor dari nonnegara yang melakukan pelanggaran KBB tersebut yakni kelompok warga, ormas, MUI, hingga perusahaan.

"Data-data tersebut menunjukkan bahwa isu pemajuan KBB dan toleransi di Indonesia masih menjadi persoalan serius yang mesti ditangani secara komprehensif," papar Halili.

Halili juga meminta agar pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin melakukan tindakan yang nyata untuk mengantisipasi persoalan tersebut.

"Pemerintah mesti mengambil langkah berani melalui agenda terobosan untuk meruntuhkan supremasi intoleransi," tandas dia.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini