nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mahfud MD Sebut Jokowi Tampung Ide Kepala Daerah Dipilih DPRD

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Senin 11 November 2019 12:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 11 337 2128276 mahfud-md-sebut-jokowi-tampung-ide-kepala-daerah-dipilih-dprd-IX0VMO21vG.jpg Menko Polhukam, Mahfud MD (Foto: Okezone)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebutkan bakal menampung ide wacana kepala daerah akan dipilih kembali oleh DPRD. Hal itu dikatakan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD.

Selain itu kata Mahfud, Presiden Jokowi juga membahas usulan dari Kemendagri tersebut saat menerima pimpinan Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Istana Merdeka. Namun, hingga saat ini diakuinya, belum ada keputusan resmi dari pemerintah.

"Nanti dibahas semuanya, artinya semua ditampung dulu semua ide ditampung. Posisi tadikan KPU yang melapor kalau secara internal nanti kita akan bicara," kata Mahfud MD di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (11/11/2019).

Menurut Mahfud, pertemuan Jokowi bersama KPU juga saling melempar ide antara pemerintah dan KPU soal tata cara Pemilu ke depan. Meski demikian, ide-ide tersebut belum ada dibahas atau mendapatkan kesimpulan apapun.

"Nanti pasti dibahas. Tapi apakah diubah atau tidak saya enggak tahu," singkatnya.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu menerangkan bahwa pertemuan KPU bersama Kepala Negara dilakukan dalam rangka untuk melapor penyelenggaraan Pemilu. KPU, lanjut dia, harus melaporkan hasil Pemilu kepada DPR dan Presiden.

Jokowi dan Mahfud MD

"Kepada DPR sudah, hari ini kepada Presiden soal Pileg, Pilpres sudah selesai dan sudah pelantikan Presiden berarti untuk agenda Pemilu 2019 bagi KPU sudah selesai semuanya dengan berapa kemajuan," imbuhnya.

Mahfud menerangkan, salah satu kemajuan yang berhasil meningkat dalam kontestasi Pemilu serentak 2019 yakni sudah 100 persen menyerahkan LHKPN dari sebelumnya 40 persen.

"Laporan kekayaan dari para kontestan sekarang 100 persen. Itu satu kemajuan," pungkasnya.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini