Jokowi Pimpin Upacara Hari Pahlawan 2019 di TMP Kalibata

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Minggu 10 November 2019 08:05 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 10 337 2127943 jokowi-pimpin-upacara-hari-pahlawan-2019-di-tmp-kalibata-oD8xM72H3G.jpg Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan. (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA – Presiden Joko Widodo menjadi inspektur upacara peringatan Hari Pahlawan dan Ziarah Nasional 2019 pada Minggu pagi ini di Taman Makan Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan. Sementara Wakil Presiden Ma'ruf Amin juga turut serta mendampingi Kepala Negara.

Upacara memperingati Hari Pahlawan 2019 dijadwalkan berlangsung pada pukul 08.00 WIB. Kemudian diikuti sekira 3.500 peserta.

Baca juga: Ini Nama 6 Tokoh yang Dianugerahi Gelar Pahlawan oleh Presiden Jokowi

"Presiden RI sebagai irup dan Wakil Presiden RI sebagai cadangan irup. Mensos hadir sebagai tuan rumah, serta dihadiri ± 3500 orang," tulis dokumen pedoman Hari Pahlawan 2019 yang dikeluarkan Kementerian Sosial, sebagaimana dikutip Okezone, Minggu (10/11/2019).

Presiden Jokowi menjadi inspektur upacara. (Foto: Dok Okezone)

Sebelumnya pada Jumat 8 November, Presiden Jokowi telah menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada enam tokoh bangsa. Gelar tersebut diserahkan Jokowi kepada para ahli waris di Istana Negara.

Baca juga: Alasan Pak Harto dan Gus Dur Urung Dijadikan Pahlawan Nasional 

"Mereka adalah para tokoh yang semasa hidupnya berjasa dalam perjuangan di berbagai bidang untuk mencapai, merebut, mempertahankan, dan mengisi kemerdekaan serta mempertahankan persatuan dan kesatuan bangsa," jelas Jokowi dalam unggahannya.

Ia memaparkan, para pahlawan itu adalah tokoh jurnalisme dan pendidikan dari Sumatera Barat, Ruhana Kudus; Sultan Himayatuddin Muhammad Saidi (Oputa Yii Ko) dari Sulawesi Tenggara, dan Profesor Dr M Sardjito MD MPH dari Yogyakarta.

Baca juga: Selamat Memperingati Hari Pahlawan Nasional dan Mengenang Pertempuran Surabaya! 

Logo Hari Pahlawan 2019. (Foto: Kemsos.go.id)

Selain itu, lanjut Jokowi, ada tiga anggota BPUPKI/PPKI yakni Profesor KH Abdul Kahar Mudzakkir dari Yogyakarta; Dr (HC) AA Maramis dari Sulawesi Utara; dan KH Masjkur dari Jawa Timur.

"Selamat, dan terima kasih para pahlawan," ungkapnya.

Baca juga: Hari Pahlawan, Mari Heningkan Cipta Sejenak Pagi Ini! 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini