Selamat Memperingati Hari Pahlawan Nasional dan Mengenang Pertempuran Surabaya!

Fahreza Rizky, Okezone · Minggu 10 November 2019 07:03 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 10 337 2127939 selamat-memperingati-hari-pahlawan-nasional-dan-mengenang-pertempuran-surabaya-rQv16EEuiI.jpg Seorang veteran perang menabur bunga di makam pahlawan (dok Okezone)

JAKARTA – Berbagai peristiwa penting dan bersejarah terjadi pada 10 November. Sebut saja peristiwa pertempuran Surabaya dan berdirinya Kerajaan Majapahit. Satu lagi adalah Hari Pahlawan Nasional.

Berikut rangkuman peristiwa yang terjadi 10 November dikutip dari laman Wikipedia, Minggu (10/11/2019)

Pertempuran Surabaya

Pertempuran Surabaya adalah perang antara tentara dan milisi pro-kemerdekaan Indonesia dan tentara Britania Raya dan India Britania. Puncaknya terjadi pada 10 November 1945. Pertempuran ini adalah perang pertama pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia dan salah satu pertempuran terbesar dan terberat dalam sejarah revolusi nasional Indonesia yang menjadi simbol nasional atas perlawanan Indonesia terhadap kolonialisme.

Usai pertempuran ini, dukungan rakyat Indonesia dan dunia internasional terhadap perjuangan kemerdekaan Indonesia semakin kuat. 10 November diperingati setiap tahun sebagai Hari Pahlawan di Indonesia.

Hari Pahlawan Nasional

Hari Pahlawan Nasional diperingati setiap 10 November. Ini sekaligus untuk memperingati pertempuran Surabaya.Ilustrasi

Hari Pahlawan Nasional 2019 mengambil tema ‘Aku Pahlawan Masa Kini’. Masyarakat Indonesia diharapkan memiliki semangat kepahlawanan dan tergerak hatinya untuk berjuang membangun negeri sesuai kemampuan dan profesi masing-masing.

Berdirinya Kerajaan Majapahit

Kemaharajaan Majapahit adalah sebuah kerajaan yang berpusat di Jawa Timur, Indonesia yang pernah berdiri sekitar 1293 hingga 1500 Masehi. Kerajaan Majapahit mencapai puncak kejayaannya menjadi kemaharajaan raya yang menguasai wilayah yang luas di Nusantara pada masa kekuasaan Hayam Wuruk (1350-1389).

Tanggal pasti yang digunakan sebagai tanggal kelahiran kerajaan Majapahit adalah hari penobatan Raden Wijaya sebagai raja, yaitu 15 bulan Kartika tahun 1215 saka yang bertepatan dengan 10 November 1293. Ia dinobatkan dengan nama resmi Kertarajasa Jayawardhana.

Soekarno Umumkan Demokrasi Terpimpin

Pada 10 November 1956, Presiden Soekarno mengumumkan pola demokrasi terpimpin pertama kali dalam sidang konstituante. Demokrasi terpimpin dalam Wikipedia disebutkan sebagai istilah untuk sebuah pemerintahan demokrasi dengan peningkatan otokrasi dan menjadi bagian dari perkembangan demokrasi di Indonesia.

Pendiri Turki Kemal Ataturk Wafat

Mustafa Kemal Atatürk lahir di Selânik (sekarang Thessaloniki, Yunani) pada 19 Mei 1881 dan meninggal di Istana Dolmabahçe, Istanbul, Turki, 10 November 1938 dalam usia 57 tahun.

Hingga 1934 namanya adalah Gazi Mustafa Kemal Paşa, seorang perwira militer dan negarawan Turki yang memimpin revolusi negara itu. Ia juga merupakan pendiri dan presiden pertama Republik Turki. Ideologinya yang sekularis dan nasionalis berikut kebijakan serta teorinya dikenal sebagai kemalisme.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini