nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sambutan di Kongres II Nasdem, Anies Sanjung Surya Paloh

Muhamad Rizky, Jurnalis · Jum'at 08 November 2019 20:49 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 08 337 2127601 sambutan-di-kongres-ii-nasdem-anies-sanjung-surya-paloh-nxIka9f3ES.jpg Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan saat sambutan di Kongres II Nasdem (foto: Okezone.coom/Rizki)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan melontarkan pujian terkait pelaksanaan Kongres ke-II Partai NasDem di JI Expo Kemayoran, Jakarta Pusat. Hal itu disampaikan Anies saat memberikan sambutan selamat datang.

Anies awalnya mengucapkan selamat datang terhadap keluarga besar Partai NasDem yang telah hadir untuk melaksanakan kongres ke-II Partai NasDem.

"Izinkan kami menyampaikan dalam kesempatan malam ini ucapan selamat datang kepada keluarga besar Partai NasDem yang hari ini memulai Kongres ke-II di Jakarta," kata Anies mengawali sambutannya, Jumat (8/11/2019).

Anies mengatakan, bahwa pemilihan lokasi kongres NasDem di Jakarta mengingatkan pada hari sumpah pemuda. Dimana saat itu pemuda berupaya keras hingga melahirkan persatuan antar pemuda.

"Sebelas hari yang lalu kita di Jakarta memeringati sumpah pemuda. Ketika kongres Partai Nasdem diputuskan di Jakarta maka ini mengingatkan pada kita dsini hadir peserta kongres diseluruh Indonesia, di kota inilah simpul persatuan Indonesia kita eratkan untuk pertama kali," ungkapnya.

 Baca juga: Senyum Sumringah, Anies Baswedan Hadiri Kongres II Nasdem

"Di kota Jakarta itulah yang masa itu belum disebut kota Jakarta dulu masih negeri Jakarta. Hari ini kita merasakan efek dari kongres itu persatuan hadir dan pemersatunya adalah bahasa Indonesia, ada ratusan bahasa tapi kita mampu bersatu yaitu bahasa Indonesia," sambungnya.

Anies kemudian berpesan agar kita generasi penerus dapat merawat persatuan bangsa. Terlebih bangsa Indonesia menurutnya sangat beragam namun tetap bisa bersatu. "Karena itu saya percaya Partai Nasdem hari ini berkongres untuk kedua kalinya akan menjadi motor penjaga persatuan Indonesia," ungkapnya.

Anies kemudian menyanjung Ketua Umum Partai NasDem saat membacakan deklarasi NasDem pada 2010 silam. Menurutnya Surya Paloh banyak mencontohkan bagaimana berdemokrasi dan menjaga persatuan dengan baik.

 Baca juga: Kongres NasDem: Pengukuhan Surya Paloh hingga Pidato Anies

"Bang Surya Paloh beberapa wkatu ini memberikan contoh kita berada dalam demorkasi dan dalam demokrasi ada perbedaan, ada pandangan yang amat berbeda. Saya ingat di dalam deklarasi waktu itu, ketika kami bacakan," ungkapnya.

"Bang Surya saya boleh ambil kutipannya? Ketika tahun 2010, kalimatnya sangat relevan. Gerakan nasional demokrat mencita-citakan demokrasi yang matang yang jadi tempat persandingan. Keberagaman dengan kesatuan, dinamika dengan ketertiban, kompetisi dengan persmaaan, kebebasan dengan kesejahteraan seperti itulah yang harus dituntaskan di Indonesia," tukasnya.

Anies berharap agar pelaksanaan kongres NasDem di Jakarta bisa menjaga persatuan.

"Saya percaya kongres kedua yang diselenggarakan di kota tempat simpul persatuan dimulai, di kota ini janji kemerdekaan ditorehkan, insyaallah kongres kedua membawa semangat restorasi, semangat pendiri bangsa yang akan membawa Indonesia lebih baik dan Nasdem lebih memberi kontribusi manfaat bagi seluruh rakyat Jakarta," tukasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini