nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Soal Jabatan Wakil Panglima, MPR: Kerja TNI Makin Kompleks

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Jum'at 08 November 2019 16:18 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 08 337 2127446 soal-jabatan-wakil-panglima-mpr-kerja-tni-makin-kompleks-xxHJMw4Jkw.jpg Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah. (Foto : Okezone.com)

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 66 Tahun 2019 terkait adanya jabatan Wakil Panglima TNI. Jabatan tersebut dinilai penting lantaran saat ini kerja TNI semakin kompleks.

“Kebutuhan kerja institusi TNI itu semakin kompleks. Oleh karena itu, menurut pandangan saya, penting untuk dipertimbangkan dihadirkan wakil panglima TNI,” kata Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (8/11/2019).

Basarah membandingkan Polri dengan TNI. Di Korps Bhayangkara terdapat jabatan Wakapolri. Sementara, TNI yang di dalamnya terdapat 3 matra, tidak ada jabatan Wakil Panglima.

“Institusi Polri saja yang tidak ada 3 matra di dalam institusi, ada memiliki wakapolri. Apalagi TNI yang dia punya 3 matra, AL, AU, dan AD. Sehingga oleh pandangan kami, perlu dipertimbangkan untuk hadirnya institusi wakil panglima TNI,” ujarnya.

Ahmad Basarah. (Foto : Okezone.com/Harits Tryan Akhmad)

Ia mengatakan, wakil panglima TNI diharapkan dapat berkoordinasi baik dengan kepala staf di tiap matra.

“Kalau kepala staf itu kan pada matranya masing-masing. Tapi yang menyangkut koordinasi panglima TNI, baik internal maupun eksternal saya kira itu pada level Mabes TNI,” ujarnya.

Basarah yakin, adanya jabatan wakil panglima tidak akan mengakibatkan matahari kembar di institusi TNI. Basarah meyakini Presiden Jokowi bisa mengatasi hal itu.

“Ya nanti mengenai job description dan wewenang menyangkut panglima dan wakil panglima TNI, saya kira nanti peraturan presiden bisa mengatur tentang hal itu. Saya kira presiden selaku pimpinan tertinggi TNI punya pandangan, punya kajian yang mendalam, tentu masukan dari berbagai pihak, juga dari pihak Panglima TNI tentang penting atau tidaknya jabatan atau struktur wakil panglima TNI itu,” tuturnya.


Baca Juga : Mensesneg: Jabatan Wakil Panglima TNI Sudah Diusulkan sejak Lama

Sebelumnya diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 66 Tahun 2019 terkait jabatan Wakil Panglima TNI.

Baca Juga : Soal Jabatan Wakil Panglima TNI, Prabowo: Itu Hak Prerogatif Presiden

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini