nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Enam Tokoh Akan Dianugerahi Gelar Pahlawan oleh Presiden Jokowi

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Jum'at 08 November 2019 12:50 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 08 337 2127324 enam-tokoh-akan-dianugerahi-gelar-pahlawan-oleh-presiden-jokowi-32RKEZUe6C.jpg Presiden Joko Widodo. (Foto: Dok Okezone/Arif Julianto)

JAKARTA – Wakil Ketua Dewan Gelar Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan Negara, Jimly Asshiddiqie, menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menganugerahkan enam tokoh bangsa dengan gelar pahlawan nasional.

Sebanyak 20 tokoh telah diajukan oleh Kementerian Sosial untuk mendapat gelar pahlawan, namun hanya enam orang yang ditunjuk.

Baca juga: Hari Ini Jokowi Anugerahkan Gelar Pahlawan dan Rayakan Maulid Nabi 

"Tiga anggota BPUPKI/PPKI yang tersisa, yang ketinggalan, belum dapat anugerah selama ini," ujar Jimly saat dikonfirmasi, di Jakarta, Jumat (8/11/2019).

Kemudian sosok lainnya yang mendapat anugerah gelar pahlawan yakni tokoh perempuan yang merupakan jurnalis sekaligus tokoh pendidikan.

Baca juga: Bertaruh Nyawa Mempertahankan Kemerdekaan, Raden Karlan Kini Malah Jadi Pemulung 

"Satu orang sultan dari provinsi yang belum ada pahlawan. Satu lainnya penentang Belanda di kesultanan daerahnya yang karena politik adu domba oleh Belanda selalu berpihak ke Belanda, kecuali dia, sehingga dipaksa turun takhta, tapi kemudian berhasil kembali jadi sultan," paparnya.

Jimly menambahkan ada seorang dokter yang berjasa di dunia pendidikan juga akan diangkat sebagai pahlawan nasional. Namun, ia belum memerinci siapa tokoh tersebut.

"Satu lagi tokoh dokter yang sangat berjasa di dunia pendidikan," jelasnya.

Baca juga: Sang Pendekar Pena, Mahbub Djunaidi Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional 

Presiden Jokowi. (Foto: @KemensetnegRI)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini