nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kongres NasDem: Pengukuhan Surya Paloh hingga Pidato Anies Baswedan

Muhamad Rizky, Jurnalis · Jum'at 08 November 2019 13:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 08 337 2127307 kongres-nasdem-pengukuhan-surya-paloh-hingga-pidato-anies-baswedan-qTl6gAcOm7.jpg Ketum NasDem, Surya Paloh. (Foto: Arif Julianto/Okezone)

JAKARTA - Partai Nasional Demokrasi (NasDem) hari ini akan menggelar Kongres ke-2 di Jakarta Internasional Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat. Dalam forum tertinggi itu nanti, ketua umum partai dikukuhkan dan akan memimpin jalannya roda organisasi.

Ketua DPP Partai NasDem Irma Suryani Chaniago mengatakan, Surya Paloh menjadi satu-satunya calon yang akan kembali mengisi kursi ketua umum. Ia diprediksi akan dikukuhkan secara aklamasi alias tanpa lawan.

"Insya Allah (Surya Paloh) aklamasi," kata Irma saat dikonfirmasi Okezone, Jumat (8/11/2019).

Berdasarkan undangan yang beredar di kalangan awak media, forum lima tahunan itu akan dilaksanakan sekira Pukul 18.00 WIB. Namun tidak diketahui pasti apa saja yang nantinya isi acara dalam kongres tersebut.

Saat disinggung mengenai apakah kongres akan membahas strategi politik jelang Pilkada 2020 hingga Pilpres 2024, Irma menampik hal itu. "Tidak (ada pembahasan itu)," jawabnya.

Kongres ini sendiri diperkirakan akan menjadi ajang kumpul kader NasDem dari seluruh Indonesia. Mulai dari tingkat DPP, DPW, DPD, Majelis Tinggi Partai, Dewan Pertimbangan Partai, Dewan Pakar hingga sayap partai.

Tak hanya itu, belakangan sejumlah tokoh hingga elite politik partai juga diundang untuk menghadiri acara tersebut.

Surya Paloh dan Anies Baswedan. (Foto: Okezone.com/Sarah)

Sekjen DPP Partai NasDem Johnny G Plate bahkan menyebut semua parpol koalisi akan diundang hadir. Tak terkecuali Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri.

"Tokoh nasional kita, para ketua umum, pimpinan lembaga negara," katanya di DPP Partai Nasdem, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu 6 November 2019 lalu.

Namun yang menarik perhatian publik adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Pasalnya hubungan NasDem dengan mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu kian harmonis setelah beberapa kali pertemuan.

Bahkan Anies tak hanya sekadar diundang dalam acara tersebut. Mantan rektor Universitas Paramadina itu juga akan memberikan pidato.

"Gubernur DKI Pak Anies yang mana tuan rumah tempat dilaksanakannya kongres kami harapkan bisa hadir, dan memberikan ucapan selamat datang kepada delegasi kongres yang berasal dari seluruh daerah di Tanah Air," tutur Johnny G Plate.

Namun Johnny memastikan, keberadaan Anies bukan untuk dicalonkan sebagai calon presiden mendatang, namun akan menyampaikan sambutan selamat datang sebagai kepala daerah yang menjadi tuan rumah pelaksanaan kongres.

"Yang buka adalah ketua umum Partai NasDem sebelum dinyatakan demisioner. Itu ada mekanismenya di AD/ART," tambahnya.

Selain tokoh dan elite politik, kepala negara Presiden Joko Widodo dan wakilnya Ma'ruf Amin juga diperkirakan akan hadir. Mereka hadir pada penghujung acara kongres pada 11 November mendatang.

"Jika tak ada aral melintang kami tentu berharap kepada Presiden Indonesia (Jokowi) dapat hadir pada puncak kongres untuk menutup sekaligus hadir dalam acara HUT partai Nasdem 11 November 2019 yang akan datang," tukasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini