nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Brigadir AM Tersangka Penembakan Mahasiswa Harus Dipecat

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Jum'at 08 November 2019 08:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 08 337 2127188 lemkapi-minta-brigadir-am-tersangka-penembakan-mahasiswa-dipecat-21fHkkiU4Z.jpg Direktur Eksekutif Lemkapi Edi Hasibuan (Foto: Okezone)

JAKARTA - Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) meminta Polri memecat oknum polisi Brigadir AM yang jadi tersangka penembakan mahasiswa Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Sulawesi Tenggara, Hilmawan Randi (21).

Direktur Eksekutif Lemkapi Edi Hasibuan menjelaskan, langkah sanksi tegas itu bisa diterapkan apabila dalam proses pembuktiannya Brigadir AM dinyatakan terbukti dan bersalah.

"Saya kira itu adalah oknum yang tidak mematuhi prosedur. Tentu itu pelanggaran disiplin dan harus diproses secara hukum," kata Edi kepada Okezone di Jakarta, Kamis (7/11/2019).

Baca Juga: Brigadir AM Ditetapkan Jadi Tersangka Penembak Mahasiswa di Kendari 

Menurut Edi, sanksi pemecatan adalah hal yang layak bagi Brigadir AM. Mengingat, dia telah lalai dalam menjalankan tugasnya ketika mengawal aksi demonstrasi.

"Saya kira layak. Karena sudah menghilangkan nyawa orang lain," ujar Edi.

Hilmawan Randi gugur diduga usai ditembak polisi saat unjuk rasa bersama para mahasiswa lainnya menolak Undang-Undang KPK serta pengesahan RKUHP dan sejumlah RUU kontroversial lainnya di Gedung DPRD Sulawesi Tenggara, pada 26 September 2019. Randi terkena tembakan di dada.

 Ilustrasi

Kasubdit V Direktorat Tindak Pidana Umum Badan Reserse Kriminal Umum Polri Komisaris Besar Chuzaini Patoppoi mengatakan, penetapan Brigadir AM sebagai tersangka setelah pihaknya melakukan sejumlah pemeriksaan uji balistik terhadap selongsong peluru maupun proyektil peluru yang ditemukan di lokasi.

Polisi kemudian mencocokkan antara selongsong dan proyektil peluru tersebut terhadap senjata yang dibawa oleh enam anggota Polri saat mengawal unjuk rasa tersebut. Hasilnya ditemukan adanya kemiripan dengan senjata Brigadir AM.

Baca Juga: Jokowi Berduka 2 Mahasiswa Kendari Tewas saat Demonstrasi

(Ari)

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini