nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Oknum Polisi Diduga Terlibat Penculikan & Pemerasan WN Inggris Ditangkap

Muhamad Rizky, Jurnalis · Kamis 07 November 2019 18:44 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 07 337 2127061 4-oknum-polisi-diduga-terlibat-penculikan-pemerasan-wn-inggris-ditangkap-YrVPfQF6Iv.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Polisi telah menangkap empat orang polisi yang terlibat kasus penculikan dan pemerasan terhadap Warga Negara Inggris, Matthew Simon Craib. Keempatnya kini sudah ditahan.

"Anggota (polisi) dan warga sipil sudah kita lakukan penahanan dan semuanya akan kita proses. Kita tunggu saja bagaimana proses tersebut," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono di Polda Metro Jaya, Kamis (7/11/2019).

Argo tidak merinci proses dan lokasi penangkapan keempat oknum anggota polisi tersebut. Ia juga tidak menjelaskan apa yang menjadi motivasi pelaku menculik dan memeras korban.

"Nanti kita sampaikan semuanya," ucap Argo.

Kasus ini bermula saat korban melakukan perjalanan untuk bertemu pelaku atas nama Giovani, terkait urusan bisnis pada 29 Oktober 2019. Hanya saja, saat kembali pada 30 Oktober 2019 Pukul 02.00 WIB dini hari, dia dicegat sejumlah orang.

Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

Lalu, Giovani selaku rekan kerja korban meminta pacarnya, yaitu Nola Aprilia untuk merencanakan tindakan penculikan. Nola selaku pacar Giovani merencanakan penculikan itu dengan meminta bantuan saudaranya yakni Bripda Julia Bita Bangapadang yang bertugas di Siber Bareskrim Polri.

Julia bertugas menyiapkan mobil minibus dan melakukan pengecekan lokasi keberadaan korban untuk dibuntuti di kawasan Petogogan Parc 19, Kemang, Jakarta Selatan. Dia juga meminta bantuan pacarnya atas nama Bripda Nugroho Putro Utomo, Anggota Satresnarkoba Polrestro Jakarta Timur.

Para pelaku kemudian mencegat korban di Tol Lingkar Luar Barat Tangerang. Mereka dibantu rekan lainnya yakni Briptu Herodotus dan Bripda Sandika Bayu Segara yang merupakan Anggota Satresnarkoba Polrestro Jaktim.

Kemudian, pelaku membawa korban ke Polda Metro Jaya, seolah-olah akan dilakukan pemeriksaan sebuah perkara namun tidak jadi dilakukan pemeriksaan. Kemudian meminta bantuan petugas Provost yang saat itu berjaga di area Parkir Ditreskrimsus untuk memasukkan kembali korban ke dalam mobil.

Mereka pun berangkat ke sebuah hotel dan meminta korban menelefon atasannya agar menyiapkan uang tebusan. Setelahnya, pelaku kemudian menukarkan uang yang didapat dalam bentuk Dolar Amerika itu ke nilai rupiah di sebuah tempat penukaran uang kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini