Share

DPR RI Bahas Celana Cingkrang, PDIP: Baru Selangkah Sudah Gaduh

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Kamis 07 November 2019 16:59 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 07 337 2127003 dpr-ri-bahas-celana-cingkrang-pdip-baru-selangkah-sudah-gaduh-oy8ule1RIA.jpg Rapat di DPR RI (Foto: Okezone/Harits)

JAKARTA - Anggota Komisi VIII DPR RI Fraksi PDIP, Diah Pitaloka memberikan pandangan terkait wacana Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi melakukan larangan penggunaan cadar atau Niqab, dan celana cingkrang bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di kantor instansi pemerintah.

“Baru langkah satu sudah bikin gaduh. Saya melihatnya sebetulnya dari kaca mata yang berbeda. Bapak mengusulkan untuk juga diikuti dengan dilakukannya penelitiannya,” kata Diah di ruang rapat Komisi VIII DPR RI, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (7/11/2019).

Paripurna

Baca Juga: Pegawai Kemenpan RB Dilarang Gunakan Cadar

Diah mengatakan memiliki kaca mata yang berbeda terkait usulan Menag itu. Dimana, pemerintah sejatinya tak pernah melarang masyarakat memakai apa yang menjadi identitas agama.

“Karena dari yang kita sadari, Indonesia ini satu negara yang sangat terbuka dan inklusif. Kita tidak pernah melarang umat agama apapun menggunakan identitas agamanya termasuk pemakaian cadar,” imbuhnya.

Begitupula dengan usulan Menag ini hanya sebatas menyinggung wacana pelarangan cadar dan celana cingkrang tetapi tidak membuat kebijakan apapun.

“Bapak mengusulkan untuk juga diikuti dengan dilakukannya penelitiannya. Begitu ya Pak Menteri ya mengenai cadar dan celana cingkrang. Tapi tidak mengambil kebijakan apapun mengenai itu,” katanya.

Oleh karena itu, mengenai celana cingkrang yang menjadi polemik di masyarkat, Rieke meyakini bahwa Menag Fachrul tidak bermaksud mengatur kehidupan beragama.

"Pak Menteri juga tidak melarang itu, hanya mengusulkan atau membuat statement bagaimana dalam kehidupan bernegara. Jadi, yang diatur kehidupan bernegaranya, bukan kehidupan beragamanya yang saya tangkap," tutur dia.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini