nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi Hidupkan Lagi Wakil Panglima TNI, Ini Kata Pengamat

Fiddy Anggriawan , Jurnalis · Kamis 07 November 2019 15:11 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 07 337 2126933 jokowi-hidupkan-lagi-wakil-panglima-tni-ini-kata-pengamat-P4d8EmGgZE.jpg Presiden Joko Widodo (Jokowi) Jadi Inspektur Upacara HUT Ke-74 TNI di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, 5 Oktober 2019 (foto: Biro Pers Setpres)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 65 Tahun 2019 tentang Susunan Organisasi Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk menghidupkan kembali jabatan Wakil Panglima TNI.

Adapun jabatan Wakil Panglima TNI itu tertuang dalam Pasal 13 ayat (1) Perpres 65/19. "Markas Besar TNI meliputi: a. unsur pimpinan terdiri atas: 1. Panglima; dan 2. Wakil Panglima," demikian bunyi perpres yang dikutip dari laman resmi Sekretariat Negara, Kamis (7/11/2019).

Baca Juga: Jokowi Hidupkan Kembali Jabatan Wakil Panglima TNI 

Jabatan Wakil Panglima TNI ditujukan kepada perwira tinggi dengan pangkat jenderal atau bintang empat. Nantinya jabatan Wakil Panglima TNI merupakan koordinator pembinaan kekuatan TNI guna mewujudkan interoperabilitas/Tri Matra Terpadu, yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada panglima TNI.

Presiden Jokowi Jadi Inspektur Upacara Peringatan HUT TNI ke-74 

Menanggapi hal itu, Pengamat Militer dan Intelijen Susaningtyas Nefo Handayani Kertopati mengatakan jika dikaitkan dengan implementasi ASEAN Political-Security Community (APSC) untuk seluruh negara anggota ASEAN, maka Wakil Panglima TNI juga melaksanakan pembinaan kekuatan TNI memenuhi standar kualifikasi kerja sama internasional.

"Kemampuan operasional dan diplomasi TNI dalam berbagai operasi militer di bawah bendera ASEAN dan PBB juga menjadi tanggung jawab Wakil Panglima TNI," ungkap Susaningtyas dalam keterangan tertulisnya kepada Okezone.

Menurutnya, kemampuan Wakil Panglima TNI pada tataran internasional ini juga sejalan dengan kebijakan Kementerian Luar Negeri untuk meningkatkan kepemimpinan Indonesia di ASEAN.

"Banyak kalangan pakar militer dunia menilai pentingnya kemampuan TNI untuk memimpin angkatan bersenjata di kawasan dalam operasi perdamaian dunia," kata Susaningtyas.

Sebelumnya diberitakan, tugas Wakil Panglima TNI adalah Membantu pelaksanaan tugas harian panglima, memberikan saran kepada panglima terkait pelaksanaan kebijakan pertahanan negara, pengembangan postur TNI, pengembangan doktrin, strategi militer dan Pembinaan Kekuatan TNI serta Penggunaan Kekuatan TNI.

Presiden Jokowi Jadi Inspektur Upacara Peringatan HUT TNI ke-74 

Selain itu, orang nomor dua di TNI itu akan bertugas melaksanakan tugas panglima apabila panglima berhalangan sementara dan/atau berhalangan tetap, dan melaksanakan tugas lain yang diperintahkan oleh panglima.

Baca Juga: Istana Ungkap Alasan Jokowi Hidupkan Kembali Jabatan Wakil Panglima TNI 

Pos jabatan Wakil Panglima TNI terakhir muncul pada 20 tahun lalu saat kepemimpinan Presiden Abdurahman Wahid alias Gus Dur. Kala itu, Wakil Panglima TNI terakhir dijabat oleh Fachrul Razi atau Menteri Agama saat ini.

Setelah Fachrul Razi purna tugas, Gus Dur menghapus jabatan wakil panglima TNI.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini