nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Tingkah Hewan Mirip Manusia, Narsis hingga Berulangtahun

Alifa Muthia Diningtyas, Jurnalis · Kamis 07 November 2019 13:43 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 07 337 2126886 5-tingkah-hewan-mirip-manusia-narsis-hingga-berulangtahun-jL0vKUTe7a.jpg Foto: Ist

JAKARTA - Setiap manusia memiliki berbagai macam kebiasaan unik yang kerap mereka lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, sebenarnya kebiasaan tersebut tidak hanya dilakukan oleh manusia, hewan pun juga kerap melakukan hal yang sama dengan bertindak menyerupai perilaku manusia.

Dilansir dari laman Daily Mail, belakangan ini beredar video berdurasi 11 detik yang menunjukkan simpanse sedang merokok layaknya manusia. Rekaman itu menunjukkan simpanse tersebut memegang rokok di antara dua jari tangan kiri sebelum menghisapnya. Simpanse tersebut dipelihara di Taman Margasatwa Hefei di Provinsi Anhui, Cina Timur.

Tak hanya simpanse saja, hewan-hewan lain pun ada yang juga bertingkah seperti manusia. Beberapa prilaku tersebut kadang membuat tingkah mereka semakin lucu bahkan membuat heran manusia yang melihatnya.

Dihimpun dari berbagai sumber, Okezone coba merangkum beberapa tingkah hewan yang meniru perilaku manusia.

1. Gorilla Narsis di Depan Kamera

Manusia narsis sudah biasa, tapi kalau binatang narsis, rasanya merupakan salah satu hal yang langka. Di antaranya banyak binatang yang kita kenal, gorila menjadi binatang yang dikenal cerdas dan penuh dengan rasa penasaran.

Dilansir dari laman Mirror, rekaman yang menunjukkan sekelompok gorila menemukan kamera tersembunyi di kandang tersebut berlaku sangat lucu, karena wajahnya nampak begitu penasaran.

Peristiwa gorila yang terekam kamera tersembunyi terjadi di Kebun Binatang Royal Burgers di Arnhem, Belanda. Dengan kecerdasannya gorila tersebut menemukan kamera yang tersembunyi. Bahkan, setelah menemukan, para gorila tidak hanya tinggal diam, tapi mereka juga mulai melihat lebih dekat, memeriksa, dan menyentuh kamera.

Pada detik berikutnya, ada sepasang gorila yang lebih nakal, karena nampak berusaha mencari cara untuk mengeluarkan kamera dari posisi sebelumnya. Oleh karena kamera memiliki lensa wide, maka ketika para gorila mendekat ke arah lensa, wajahnya terkesan begitu lebar, hidungnya semakin besar, dan wajah rasa ingin tahunya semakin nampak.

β€œRekaman video yang brilian tidak ternilai harganya. Sekali lagi, kecerdasan, dan keingintahuan dari kera besar ini telah terbukti,” ucap salah seorang pihak kebun binatang yang tertulis dalam sumber.

2. Kucing Merayakan Ulang Tahun

Sebagian besar masyarakat tentu sepakat kalau kucing adalah hewan peliharaan yang manja dan malas. Banyak yang beranggapan pula kucing hanya bisa tidur seharian dan bermain.

View this post on Instagram

Selamat ulang tahun mpus πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ . komentar di bawah guys gimana pendapat kalian 😍 ============================= Langsung klik tombol πŸ’– kalau suka kucing, jangan lupa share dan Tag Temen kalian yang suka kucing ya guys πŸ˜½πŸ‘ Banyak video lucu, dan menggemaskan 😸 πŸ‘ Dan pasti update terus 😽 ============================= .. Follow @pecintakucingkucing Follow @pecintakucingkucing Follow @pecintakucingkucing #repost @nyeratriyin ============================= #kucinganggora #kucinglucu #kucingmanja #kucingkampung #kucingkesayangan #kucing #kucingmalas #meong #kucingcomel #kucingpersia #kucingindonesia #pecintakucing #pecintakucingindonesia #kucinglovers #anakkucing #kucinglokal #kucinggendut #kucingjogja #kucingindogram #videokucing #videokucinglucu

A post shared by Pecinta Kucing (@pecintakucingkucing) on

Tapi, ada beberapa kucing yang tanpa diduga dapat meniru kegiatan manusia, yang sebelumnya tidak disangka kucing dapat mengerti dan akhirnya melakukannya.

Dalam video yang diunggah akun Instagram @pecintakucingkucing terlihat lima ekor kucing duduk mengitari meja dan kue ulang tahun yang diberi lilin di tengahnya. Kedua kaki depan mereka di letakkan di atas meja layaknya tangan. Sedangkan, kucing yang berbulu putih anteng mengenakan topi seolah sadar dia sedang merayakan hari kelahirannya.

β€œSelamat ulang tahun mpus πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚,” tulis keterangan video.

3. Lumba-lumba Pemantau Jalur Gaza

Pasukan Hamas dikabarkan telah menangkap seekor lumba-lumba yang disinyalir sebagai mata-mata milik Israel di perbatasan lepas pantai Jalur Gaza. Salah satu mamalia laut yang terkenal jinak ini dilengkapi alat perekam hingga panah untuk menembak.

Lumba-lumba ini ditangkap oleh pasukan katak Hamas 'Al-Qassam' sekitar November 2017, radio militer Israel melaporkan yang mengutip organisasi Islam Palestina .

"Lumba-lumba telah dipersenjatai alat mata-mata termasuk kamera pengintai," seperti dilaporkan Russian Times, Kamis (20/8/2017).

Diketahui mamalia laut ini bertugas untuk memantau gerak-gerik latihan kelompok intel Hamas di tepi barat Gaza. "Binatang itu ditangkap karena gerakannya yang mencurigakan, serta dilengkapi persenjataan yang dapat melukai manusia,” kata seorang anggota Hamas, Nedae Al-Watan.

Militer Israel bukan sekali ini saja menggunakan binatang menjadi mata-mata ke wilayah Palestina. Pada 2012, Negeri Zionis itu memantau situasi di Jalur Gaza menggunakan bantuan burung.

4. Tikus Penjinak Bom

Ilmuwan Rusia mengeluarkan terobosan terbaru dalam bidang militer. Negeri Beruang Merah itu diketahui menguji coba tikus menjadi bagian dari tim penjinak bom. Para ahli Rusia meyakini binatang ini bisa berperan maksimal sebagai pasukan antiteror karena indra penciumannya lebih tajam dari anjing.

Eksperimen tikus ini dilakukan oleh lembaga riset Olfactory Perception (LOP) di Kota Rostov. "Binatang pengerat ini dapat dilatih menemukan bahan peledak yang disusupkan militan semacam ISIS. Lebih dari itu, tikus pintar ini juga dapat menemukan manusia yang berada dalam reruntuhan bangunan," kata Kepala Laboratorium LOP Dmitry Medvedev, seperti dikutip Tabloid Mirror, Selasa (5/1/2017).

Tikus

Keunggulan binantang pengerat ini telah diteliti di Laboraturium dengan menyambungkan alat elektroda di otaknya. "Tidak seperti anjing, tikus dapat terus masuk ke tempat sangat kecil, yang kita pikir tidak ada yang mungkin bisa masuk ke dalamnya," kata Medvedev.

Dalam sistem yang sudah dimodifikasi di otak para tikus, mereka dapat tahu bila ada manusia yang terjebak dalam puing dan masih dalam keadaan hidup sehingga dapat diselamatkan tim penolong dengan segera.

5 . Beruang Pembawa Mortir dan Amunisi Perang

Perusahaan Transportasi Polandia menemukan beruang bernama Voytek di perbukitan Iran pada 1943. Saat itu hewan itu masih bayi. Tentara kemudian mengambil Voytek dan memberinya susu lalu menjadikan dia bagian dari pasukan. Dia bahkan ikut menikmati bir dan rokok bersama tentara.

Ketika Voytek sudah semakin besar setinggi 180 sentimeter dan beratnya 113 kilogram dia dilatih membawa mortir dan mengirimkan amunisi saat perang. Pada 1944 dia secara resmi terdaftar sebagai pasukan Polandia, lengkap dengan nama, jabatan dan nomor urut, seperti dilansir mnn.com.

Di medan perang Voytek kemudian berpatroli bersama tentara dan dia juga membawa amunisi bagi pasukan. Dia bahkan menemukan mata-mata Arab yang bersembunyi di sebuah gubuk. Usai perang Voytek diberi rumah di Kebun Binatang Edinburgh dan dia tinggal di sana sampai ajal menjemput.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini