Soal Sindiran ke Surya Paloh, PDIP: Itu Gocekan Khas ala Jokowi

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Rabu 06 November 2019 21:59 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 06 337 2126674 soal-sindiran-ke-surya-paloh-pdip-itu-gocekan-khas-ala-jokowi-9W44mgaFEm.jpg Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (Foto: Okezone/Harits Tryan)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyindir Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh karena melakukan pertemuan dengan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman saat di acara HUT Partai Golkar.

Terkait hal itu, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyatakan pernyataan yang dilontarkan oleh Jokowi terhadap Surya Paloh bukanlah sebuah sindirian, melainkan adalah sebuah gocekan. 

“Saya maknai bukan sebagai sindiran, tapi itu gocekan khas ala Pak Jokowi,” ungkap Hasto di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta, Rabu (6/11/2019).

Baca Juga: Jokowi Sindir Surya Paloh: Wajahnya Lebih Cerah Habis Bertemu Presiden PKS

Kata Hasto, ucapan Jokowi adalah bentuk dari ice breaker di dalam sebuah pidato. Apalagi, dia yakin kepala negara tak mungkin menyindir dalam acara perayaan ulang tahun Golkar.

“Ya itu biasa, supaya suasananya akrab dan kita lihat semuanya tertawa. Pak JK juga kelihatan happy semuanya keliatan happy, ini ulang tahun enggak ada sindir sindiran,” ujar dia.

Jokowi

Selain itu, Hasto juga tak melihat ada peringatan dari koalisi pengusung Jokowi-Ma’ruf kepada Nasdem yang baru saja bertemu dengan PKS. Karena, Surya Paloh sudah menerangakan pertemuan itu hanyalah sebatas dialog.

“Tidak kan (peringatan) Pak Surya Paloh menyatakan apa-apa yang dilakukan adalah bagian dari dialog,” ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyindir Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh karena melakukan pertemuan dengan Presiden PKS Sohibul Iman di Kantor DPP PKS, Jakarta, Rabu 30 Oktober 2019.

“Yang saya hormati Ketua Umum Nasdem Surya Paloh yang (wajahnya) lebih cerah dari biasanya sehabis pertemuan beliau dengan pak Sohibul Iman Presiden PKS," kata Jokowi.

Selain itu, Jokowi mengatakan, Surya Paloh dan Sohibul Iman tampak berangkulan ‘mesra’ saat bertemu. "Saya tidak tahu maksudnya apa tapi saya tidak pernah dirangkul seperti itu," ucap Jokowi yang membuat para undangan tertawa.

Baca Juga: HUT ke-55 Golkar, Jokowi: Saya Yakin Semakin Matang karena Ketuanya Top

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini