Polda Sultra Usut Desa Siluman di Konawe

Puteranegara Batubara, Okezone · Rabu 06 November 2019 15:57 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 06 337 2126505 polda-sultra-usut-desa-siluman-di-konawe-x4Nc4tabFC.jpg Foto Istimewa

JAKARTA - Polda Sulawesi Tenggara (Sultra) menyatakan sedang mengusut kasus desa tak berpenduduk atau desa 'siluman' yang diduga menerima anggaran dana desa dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

"Saat ini sedang dalam proses," kata Kapolda Sultra Brigjen Merdisyam saat dikonfirmasi Okezone, Jakarta, Rabu (6/11/2019).

Polisi sedang melakukan proses penyelidikan terkait dengan aliran dana desa tersebut. Termasuk dengan menginventaris berapa jumlah pasti desa yang tak berpenghuni itu namun menerima kucuran Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) itu.

Saat ini, guna melakukan penyelidikan tersebut, Merdisyam menyebut telah menggandeng lembaga penegak hukum lainnya, seperti Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Tim masih terus mendalami sampai saat ini," ujar Merdisyam.

Desa Fiktif

Satuan Tugas (Satgas) Kementerian Desa menemukan desa siluman alias palsu di Kecamatan Uepai dan Lambuya, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra). Ironisnya, desa ini telah menerima bantuan dana desa sejak tahun 2015. Fenomena ini muncul di tengah derasnya anggaran dana desa dari APBN.

Berdasarkan data Kementerian Keuangan, pemerintah telah menyalurkan dana desa Rp44 triliun hingga akhir September 2019. Dari jumlah itu, setiap desa rata-rata mencapai Rp933,9 juta atau hampir Rp1 miliar.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini