Mahfud MD Antisipasi Aspek Politis HUT OPM

Fahreza Rizky, Okezone · Selasa 05 November 2019 20:25 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 05 337 2126153 mahfud-md-antisipasi-aspek-politis-hut-opm-3M0wRUlKvr.jpg Menko Polhukam Wiranto (Foto: Okezone/Fahreza Rizky)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengantisipasi aspek keamanan dan politis menjelang penyelenggaraan hari ulang tahun (HUT) Organisasi Papua Merdeka (OPM) pada 1 Desember 2019.

"Itu juga menjadi perhatian kita agar Papua itu hati-hati segi politisnya. Kalau segi keamanannya sebenarnya sih sudah standar yang dilakukan tapi kalau segi politis itu kadangkala membangun opini yang tidak-tidak, yang tidak diduga tiba-tiba muncul opini yang sebenarnya di lapangan tidak ada," kata Mahfud di Gedung Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa (5/11/2019).

Baca Juga: Gerakan Papua Merdeka Dilatarbelakangi "Wangi" Uang

OPM Foto: Istimewa

Mahfud menegaskan semua potensi ancaman mesti diantisipasi. Aparat keamanan juga sudah memiliki standar operasional prosedur (SOP) untuk menangani hal tersebut.

"Semuanya kita antisipasi. Sudah ada SOP-nya istilah dipakai orang dan yang setiap pelanggar SOP itu ditindak juga meskipun itu dari internal aparat," tuturnya.

Kendati demikian, Mahfud enggan membocorkan langkah teknis pengamanan dan antisipasi menjelang HUT OPM pada awal Desember mendatang. "Itu tentu rahasia. Kalau langkah diberikan ke pers kan tidak boleh," kata dia.

Baca Juga: Organisasi Papua Merdeka, Apa dan Siapa Mereka?

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini