Mahfud MD: Dewan Pengawas KPK Harus Terbentuk Pertengahan Desember

Fahreza Rizky, Okezone · Selasa 05 November 2019 16:40 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 05 337 2126051 mahfud-md-dewan-pengawas-kpk-harus-terbentuk-pertengahan-desember-OWpU5k27Ik.jpg Menko Polhukam, Mahfud MD (foto: Okezone.com/Reza)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan, Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) harus sudah terbentuk paling lambat pertengahan Desember 2019, atau bersamaan dengan pelantikan pimpinan lembaga antirasuah yang baru. Pasalnya, itu merupakan amanat dari Undang-undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang KPK.

"Ya targetnya Desember. Memang tanggal 18 Desember itu harus sudah ada Dewas, menurut UU," kata Mahfud di Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa (5/11/2019).

 Baca juga: Dewan Pengawas Akan Diisi Para Mantan Ketua KPK?

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu mengaku tidak dimintai rekomendasi nama oleh Presiden Jokowi, terkait nama-nama calon Dewan Pengawas KPK. Karenanya, ia juga tidak memberikan nama-nama untuk duduk di pos tersebut.

"Enggak-enggak, saya juga ndak memberi nama," tandasnya.

Diwartakan sebelumnya, Presiden Jokowi segera menunjuk anggota Dewan Pengawas KPK. Tetapi pemilihannya tidak melalui panitia seleksi (pansel). Kepala Negara menjamin mereka yang duduk di posisi tersebut memiliki kredibilitas yang baik.

 Baca juga: Jokowi Terima Usulan Nama Calon Dewan Pengawas KPK

Dewan Pengawas KPK merupakan amanat dalam Undang-undang KPK hasil revisi. Nantinya lima orang akan menduduki jabatan itu dengan satu orang di antaranya menjadi ketua. Posisi Dewas KPK sangat strategis karena salah satunya sebagai pemberi izin penyadapan, penggeledahan dan penyitaan.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini