nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jadi Ketum PSSI, Iwan Bule Diminta Contoh Sandiaga Uno

Muhamad Rizky, Jurnalis · Selasa 05 November 2019 14:24 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 05 337 2125977 jadi-ketum-pssi-iwan-bule-diminta-contoh-sandiaga-uno-fcYd8nsCIc.jpg Ketum PSSI M Iriawan alias Iwan Bule (Foto PSSI)

JAKARTA – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyorot status Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Komjen Mochamad Iriawan alias Iwan Bule yang masih aktif sebagai polisi. Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera menyarankan sebaiknya Iwan Bule mundur dari Polri agar fokus membenahi PSSI dan sepakbola Indonesia.

"Etika di ruang publik memang baiknya kita memberi contoh karakter,” kata Mardani kepada Okezone, Selasa (5/11/2019).

Menurutnya Iwan Bule seharusnya mencontohkan apa yang diperlihatkan Sandiaga Uno yang mundur dari posisi wakil gubernur DKI Jakarta saat mencalonkan diri sebagai wakil presiden pendamping Prabowo Subianto di Pilpres 2019, meski belakangan tak terpilih.

“Seperti Bang Sandi mundur dari wagub DKI,” ujar Mardani.Mardani Ali Sera

Mardani Ali Sera (Okezone)

Memang tak ada aturan perwira aktif harus mundur dari institusinya jika terpilih sebagai Ketua Umum PSSI, namun Mardani menilai sebaiknya pejabat yang terpilih memberi contoh etika ke publik dengan bersedia mengundurkan diri dari institusi.

Masyarakat saat ini, kata Mardani, menaruh harapan sangat besar terhadap PSSI, khususnya dalam membenahi sepakbola Indonesia yang masih seret prestasi, kemudian pemberantasan mafia bola serta kerusuhan suporter.

"PSSI ini harapan masyarakat banyak. Ada banyak PR (pekerjaan rumah) dan program yang harus dikejar," ujarnya.

Baca juga: Ketum PSSI Iriawan Tak Perlu Mundur dari Polri

Maka itulah PSSI dinilai perlu dipimpin oleh orang yang fokus dalam pembenahan organisasi dan sepakbola, jangan yang bekerja rangkap di institusi lain.

Sementara Polri menyatakan Iwan Bule tak perlu mundur karena menjabat Ketua Umum PSSI karena tak ada aturan yang mengharusnya mundur.

"Setiap WNI memiliki hak yang equal sesuai persyaratan kompetensi dan proses pemilihan yang demokratis, transparan serta indepeden," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo.

Menurutnya Iwan Bule menjadi Ketua Umum PSSI sudah sesuai prosedur. “Polanya melalui pendaftaran untuk mengikuti seleksi dan pencalonan sesuai ketentuan atau peraturan yang berlaku secara internal oleh panitia organisasi," tutur Dedi.

"Kami berharap semoga pak Iwan bisa memberangus praktik mafia bola yang selama ini menjadi salah satu konsentrasi Polri," tutup Dedi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini