nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Soal Prabowo Berkunjung ke AS, Ini Kata Dubes AS

Rahman Asmardika, Jurnalis · Selasa 05 November 2019 14:11 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 05 337 2125965 soal-prabowo-berkunjung-ke-as-ini-kata-dubes-as-7DO1b1BNcA.jpg Menhan Prabowo Subianto. (Foto: Okezone.com/Arif Julianto)

JAKARTA – Duta Besar Amerika Serikat, Joseph Donovan Jr mengatakan bahwa Amerika Serikat (AS) siap untuk bekerja sama dengan setiap anggota kabinet Pemerintah Indonesia, terlepas dari masalah yang pernah dikaitkan dengan mereka di masa lalu. Hal itu disampaikan Donovan menjawab pertanyaan mengenai isu undangan bagi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto untuk berkunjung ke AS.

“Amerika Serikat memiliki rasa hormat yang tinggi pada proses demokrasi di Indonesia dan berkeinginan serta siap untuk bekerja dengan setiap anggota kabinet Presiden Jokowi,” kata Dubes Donovan menjawab pertanyaan wartawan usai membuka pameran foto jurnalisme di Gedung Perpustakaan Nasional Indonesia, Jakarta, Selasa (5/11/2019).

BACA JUGA: Jadi Menhan, Prabowo Kini Bisa Berkunjung ke Amerika Serikat

Polemik mengenai boleh tidaknya Menhan Prabowo berkunjung ke AS merebak bulan lalu setelah Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan bahwa mantan jenderal TNI itu mendapat undangan dari Pemerintah AS setelah menjabat sebagai Menteri Pertahanan di Kabinet Indonesia Maju.

Sebelumnya, dalam sebuah wawancara pada 2012, Prabowo sempat mengatakan bahwa dirinya ditolak mendapatkan visa untuk masuk ke AS karena dituduh menghasut kerusuhan yang menewaskan ratusan orang pascadilengserkannya Presiden Suharto pada 1998.

Mengenai status visa itu, Dubes Donovan menolak berkomentar. Dia mengatakan bahwa pengajuan visa adalah privasi dari setiap individu yang melakukan pengajuan visa itu sendiri.

“Kami tidak pernah mendiskusikan pengajuan visa individual karena itu merupakan privasi dari setiap individu yang mengajukan visa untuk ke Amerika Serikat,” ujarnya.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini